Tren Sembuh dari Covid-19 di NTB Terus Meningkat

I Gede Putu Aryadi (Suara NTB/dok)

Oleh : Putu Gede Ariyadi, S.Sos.MH (Kepala Dinas Kominfotik NTB)

Tren kesembuhan pasien dari positif Covid-19 di NTB dalam beberapa hari belakangan ini menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, bahkan jauh melampaui angka nasional.

Iklan

Hingga hari Senin, 11 Mei 2020 total kesembuhan mencapai 117 orang atau 34,51% dari total pasien positif Covid-19  di NTB sebanyak 339 orang. Sedangkan angka kematian sebanyak tujuh orang atau sebesar 2,06%. Ini menunjukkan bahwa penanganan Covid-19 di Provinsi NTB berjalan dengan baik.

Tapi kemajuan ini tidak boleh membuat kita semua lengah, karena ancaman penularan masih terus akan terjadi, jika tidak diikuti dengan sikap displin dari semua pihak.

Artinya optimisme bahwa wabah ini akan cepat berakhir, harus diikuti dengan kepatuhan masyarakat untuk disiplin mengikuti seluruh protokol pencegahan dan penanganan Covid-19, termasuk patuh mengikuti seluruh imbauan dan instruksi pemerintah. Penanganan Covid-19 berbasis PCBL/PCBD di beberapa kabupaten/kota serta langkah-langkah dan kebijakan lainnya harus didukung sepenuhnya oleh masyarakat.

Termasuk instruksi Gubernur NTB terkait kewajiban menggunakan masker untuk di seluruh aktivitas masyarakat di luar rumah. Sebab penggunaan masker telah terbukti 70% mampu menurunkan risiko penularan atau tertular Covid-19. ‘’Maskermu melindungiku,  maskerku melindungimu’’, sehingga penggunaan masker secara masif dan disiplin oleh seluruh masyarakat diharapkan akan berkontribusi positif untuk menekan bahaya transmisi atau penularan wabah ini secara lebih luas.

Karenanya, Pemerintah Provinsi NTB bersama seluruh pemerintah kabupaten/kota dan segenap stakeholder lainnya, mulai hari ini (kemarin) melakukan ujicoba dan sosialisasi wajib menggunakan masker, dengan cara membagikan ribuan masker kepada  masyarakat di tempat-tempat keramaian. Sehingga diharapkan kepada seluruh masyarakat NTB senantiasa menggunakan masker di setiap aktivitasnya selama masa pandemi Covid-19.

  Apel Tiga Pilar di Sumbawa, Tekan Covid dan Sukseskan Kampung Sehat

Selain itu, Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr.Hj.Siti Rohmi Djalilah, juga senantiasa mengingatkan seluruh masyarakat bahwa penyakit Covid-19 bukanlah suatu aib.

‘’Kita semua tidak ingin penyakit ini menimpa diri kita dan orang-orang terdekat yang kita sayangi. Jika ada di antara saudara-saudara kita yang positif Covid-19 hendaknya tidak dikucilkan,’’ pesan Dr.Zul. Sebaliknya, gubernur mengajak masyarakat untuk saling menyemangati dan mengedapankan kepekaan sosial untuk membantu dan bergotong royong menghadapi wabah ini, hingga cepat berakhir. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here