Trafik XL Naik 120 Persen saat WSBK di Sirkuit Mandalika

Mataram (suarantb.com) – XL Axiata telah mengimplementasikan teknologi Smart Massive MIMO untuk meningkatkan kapasitas jaringan di Sirkuit Mandalika dan sekitarnya. Teknologi Smart Massive MIMO merupakan teknologi yang menggunakan konsep multiple-input dan multiple-output radio yang dapat meningkatkan kapasitas jaringan dan efisiensi spektrum.

Teknologi ini juga akan mampu meningkatkan kapasitas jaringan sekitar enam hingga sembilan kali lipat pada jaringan 5G dan juga efisien dalam penggunaan spektrum yang ada.

Iklan

Hal ini dilakukan untuk mendukung suksesnya gelaran balap motor internasional di Sirkuit Mandalika.
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, sedikitnya ada sembilan BTS yang menjangkau area sirkuit yang sudah menggunakan teknologi ini.

Penerapannya di lokasi ini diharapkan akan mampu membantu menjaga kualitas jaringan saat berlangsung event balap dunia, yaitu WSBK pada bulan ini dan MotoGP di tahun depan. Kedua ajang balap internasional tersebut berpotensi menciptakan lonjakan trafik data yang sangat tinggi karena akan dikunjungi oleh puluhan ribu penonton yang akan hadir baik dari dalam maupun luar negeri.

Hasil pemantauan oleh pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) XL Axiata, terlihat adanya kenaikan trafik yang signifikan di seputar pelaksanaan ajang balap WSBK bulan ini. Pada periode 15-21 November 2021, terjadi kenaikan trafik secara rata-rata sebesar 53% dibandingkan hari biasa di awal bulan saat keramaian terkait balapan belum terjadi di Mandalika. Trafik tertinggi terjadi pada tanggal 21 November 2021, yaitu sebesar 120%. Ajang balap WSBK sendiri berlangsung pada 19-21 November 2021.

Kenaikan trafik tersebut tentunya dipicu terutama oleh masukkan pelanggan dari luar Mandalika ke area tersebut. Data dari pusat monitoring menunjukkan bertambahnya pelanggan yang berada di Mandalika hingga 198% dibandingkan sebulan sebelum ada acara balap.

Banyak di antara pelanggan yang masuk ke Mandalika berasal dari luar Lombok.
Selain di Mandalika, trafik data juga meningkat di hampir semua area tujuan wisata di Lombok, seperti Mataram, Senggigi, Desa Sade, hingga Sembalun.

Hal yang sama juga terjadi di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid dan Pelabuhan Lembar. Kenaikan trafik secara rata-rata sebesar 14% dibandingkan rata-rata di hari biasa pada Oktober 2021. Kenaikan trafik ini menunjukkan mulai ramainya dunia pariwisata Lombok setelah hampir dua tahun terdampak pandemi.

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area seluruh NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. (bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional