TPPO 26 CPMI, Andre Tidak Main Sendiri

Tersangka TPPO tujuan Irak Andre (paling kanan) diperiksa penyidik Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda NTB. Andre kemudian ditangkap dengan tambahan sangkaan perdagangan orang dengan korban 26 warga NTB.(Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Perekrut sekaligus agen pengirim pekerja migran Indonesia (PMI) unprosedural, PA alias Andre (33) tidak bermain sendiri. Pria yang diduga hendak memberangkatkan 26 warga NTB ke Timur Tengah ini punya jaringan perekrut lain.

Dirreskrimum Polda NTB Kombes Pol Hari Brata Jumat, 16 April 2021 menerangkan bahwa tindak pidana perdagangan orang memerlukan kerjasama lebih dari satu orang agar bisa merekrut, menampung, sampai memberangkatkan korban ke negara tujuan. “Memang ada jaringannya,” sebutnya.

Iklan

Tim Subdit IV Renakta sedang menelusuri keberadaan perekrut dan penampung lain yang diduga bekerjasama dengan Andre. Andre ini merekrut korban dari berbagai wilayah di Lombok. Kemudian mereka ditampung di apartemen yang sama di Jakarat sebelum diberangkatkan. “Orang-orang ini masuk dalam jaringan perekrutan secara ilegal,” terangnya.

Andre ditangkap pada Jumat pekan lalu di Jakarta Timur, Jakarta. Warga Jempong Baru, Sekarbela, Mataram ini ditengarai bagian dari jaringan yang hendak memberangkatkan 26 warga NTB. Puluhan orang ini ditemukan dalam kamar penampungan di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jakarta.

Mereka antara lain sembilan perempuan asal Lombok Barat, delapan perempuan asal Lombok Barat, dan sembilan perempuan asal Lombok Timur. Mereka akan dikirim ke Arab Saudi, Bahrain, dan Uni Emirat Arab. Dari hasil penyidikan awal, para korban ini diiimingi bonus haji dan umroh setelah selesai masa bekerjanya. Korban ditawari bekerja sebagai pembantu rumah tangga dengan gaji Rp6-7 juta per bulan.

Andre berperan merekrut korban sampai mengurusi dokumen keberangkatan. Andre mendapat keuntungan Rp2-3 juta dari setiap orang yang sukses direkrut. Sebelumnya Andre sudah ditetapkan sebagai tersangka perdagangan orang PMI asal Lombok dengan tujuan penempatan Irak. (why)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional