Tolak PAW, Massa Bakar Bendera Demokrat

Bima (Suara NTB) – Massa pendukung anggota DPRD Kabupaten Bima, Samsul M. Nor, ricuh dengan aparat gabungan Dinas Pol PP dan Anggota Polres Bima Kota, di kantor DPRD Kabupaten Bima, Selasa, 25 April 2017. Kelompok warga dari Desa Sai Kecamatan Soromandi itu menolak pergantian antarwaktu (PAW) Samsul dengan Sakura H. Abidin. Mereka membakar bendera Partai Demokrat sebagai bentuk protes mereka dalam aksi itu.

Ketegangan mulai terjadi saat puluhan massa itu memaksa masuk ke dalam ruangan utama kantor Dewan. Hanya saja, massa dihalau oleh aparat Sat Pol PP dan aparat kepolisian yang disiagakan di lokasi.

Iklan

Beberapa saat kemudian aksi saling dorongpun terjadi. Massa aksi terus berupaya memaksa Sekwan dan Ketua DPRD yang tak kunjung menemui mereka untuk mengklarifikasi masalah dan penyebab proses PAW.

Akibatnya warga membakar sebuah bendera partai berlambang Mercy. Sebagai bentuk kekecewaan dan penolakan mereka terhadap proses PAW tersebut. Bahkan warga menolak kehadiran partai tersebut di desa setempat.

Akibat dari aksi itu juga kaca pintu utama dan samping kiri ruangan tersebut pecah, diduga dilempar oleh yang tidak dikenal (OTK).

Beberapa saat kemudian, massa aksi dapat dipukul mundur oleh petugas. Sejumlah warga yang diduga provokator diamankan dan langsung dibawa ke Mapolres Bima Kota. Sementara sisanya dibawa ke kantor Subden A Brimob.

Sementara Sekwan DPRD Kabupaten Bima, Ir Indra Jaya menegaskan, proses PAW Sakura terhadap Samsul, politisi Demokrat, sudah sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

“Kami hanya meneruskan apa yang menjadi keinginan partai, yang kami lihat telah sesuai dengan aturan. Kalau tidak, kami bisa dituntut,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Suciyanti melantik Sakura H. Abidin sebagai anggota DPRD Kabupaten Bima, menggantikan Samsul M. Nor, utusan Dapil 1 yakni Kecamatan Soromandi, Donggo, Tambora, Sanggar, Madapangga dan Bolo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Drs Dahlan M. Noer, Ketua KPUD Kabupaten Bima, Nursusilawati, puluhan anggtoa DPRD, beserta Kepala SKPD dan unsur FKPD kabupaten Bima. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here