TNI-Polri Bersihkan Sedimen Selokan di Kareke

TNI-Polri dan jajaran Muspika Kecamatan Dompu, saat melakukan pembersihan sedimen di Dusun Pandai Desa Kareke, Rabu, 8 Januari 2020. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Tim gabungan TNI-Polri dibantu jajaran Muspika Kecamatan Dompu, Rabu, 8 Januari 2020 menggelar Bakti Sosial (Baksos) di Desa Kareke. Sasaran utamanya, yakni sedimen selokan yang kerap memicu genangan air ke ruas jalan raya dan pemukiman warga.

Kapolres Dompu, AKBP. Syarif Hidayat, SH., SIK., dikonfirmasi Suara NTB menyampaikan, endapan lumpur yang sudah menutup saluran pembuangan limbah rumah tangga itu seringkali membuat air hujan meluap ke ruas jalan raya. Sehingga membahayakan keselamatan pengguna jalan. “Gotong royong yang dilakukan ini untuk menggali tanah yang ada disepanjang selokan. Tepatnya di Dusun Pandai Desa Kareke,” ungkapnya.

Iklan

Bakti sosial sebagai salah satu agenda rutin TNI-Polri, lanjut dia, tidak saja direspon positif jajaran pimpinan daerah di kecamatan. Puluhan warga sekitar pun tanpak antusias membantu tim yang tengah melakukan pengerukan material lumpur.

Sebagai tindaklanjut atas kegiatan tersebut, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk menghimbau warganya agar menghentikan pembuangan sampah ke selokan. Karena selain menghambat laju air, prilaku ini mempercepat edapan lumpur yang tegerus hujan dari bukit sekitar. “Kepala Desa Kareke agar menghimbau masyarakatnya untuk tidak lagi membuang sampah di selokan agar memperlancar air hujan. Sehingga tidak meluap lagi ke jalan raya,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, ruas jalan raya menuju kawasan wisata Lakey itu dalam beberapa tahun terakhir selalu digenangi air hujan. Bahkan beberapa waktu lalu tembok rumah salah seorang warga jebol diterjang lumpur dan batuan akibat tergerus air hujan dari bukit terjal di sekitarnya. (jun) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here