TMMD Ke-108 di KSB Resmi Dibuka

Suasana pembukaan TMMD di Aula utama gedung Setda KSB, Selasa, 30 Juni 2020.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 tahun 2020 di Desa Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea, dibuka secara resmi, oleh Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin MM, Selasa, 30 Juni 2020. Kegiatan ini sengaja dipusatkan di desa tersebut, karena masih belum terjamah infrastruktur dasar yang baik dan mumpuni. Kagiatan ini sekaligus juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan peran serta masyarakat untuk meningkatkan kembali budaya gotong royong.

“Kita sengaja pilih desa Seminar Salit khususnya dusun Batu Melik sebagai lokasi acara, karena lokasinya sangat jauh dan masyarakatnya juga masih butuh sentuhan lainnya. Sasaran utama dari kegiatan ini lebih kepada upaya penyadaran kepada masyarakat terkait budaya gotong royong,” ungkap Bupati saat memberikan sambutan.

Iklan

Dikatakannya, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa pentingnya semangat gotong royong membangun bangsa. Hilangkan rasa perbedaan dan keberagaman menjadi salah satu kunci menyukseskan semua program yang disepakati.

Kegiatan TMMD tidak hanya menyasar kegiatan fisik saja, melainkan kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan dan pertanian. Sehingga kesejahteraan masyarakat yang berada di Dusun Batu Melik  terus meningkat. Selain itu, kegiatan TMMD ini juga menjadi salah satu bukti nyata kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Kami berharap indikator keberhasilan TMMD ini bukan hanya terbangunnya infrastruktur semata, namun yang paling penting adalah sasaran non fisik agar semakin digerakkan,” ujarnya.

Ia berharap personel yang dilibatkan dalam TMMD ini, supaya bisa berbaur bersama warga setempat. Jadikan masyarakat di Aik Kangkung sebagai orang tua dan keluarga sebagai salah satu bukti kemanunggalan TNI bersama rakyat. Hilangkan kesan perbedaan dalam diri, untuk terus berbaur dengan masyarakat yang ada. Kepada masyarakat, Bupati juga berharap supaya bisa menjadi tuan rumah yang baik dan keluarga yang hangat bagi anggota Satgas TMMD. Sehingga pelaksanaan program yang ada bisa berjalan sukses dan lancar. “Kami sangat berharap para anggota TNI bisa berbaur dengan masyarakat begitupun juga masyarakat. Sehingga program yang akan dilaksanakan bisa berjalan sukses dan lancar,” tukasnya.

  Besok, Polres KSB Gelar Operasi Zebra Gatarin

Sementara Dansatgas TMMD ke-108 Kodim 1628/Sumbawa, Barat, Letkol CZI Eddy Oswaronto ST, dalam laporannya menjelaskan, TMMD bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lokasi kegiatan. Baik itu terkait dengan  masalah pembangunan faslitas fisik maupun non fisik, serta memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. ” Sasaran fisik dalam TMMD adalah pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan usaha tani perbaikan ibadah.Untuk non fisik akan yakni penyuluhan agama, kamtibmas, Narkoba, bidang kesehatan pertanian dan peternakan,” singkatnya. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here