TKI NTB Jadi Korban Kapal Tenggelam, Pemprov Kirim Personil ke Batam

Mataram (suarantb.com) – Puluhan korban meninggal dan puluhan lainnya selamat dari bencana kapal tenggelam di perjalanan dari Malaysia menuju Batam, Rabu, 2 November 2016. Sebagian korban meninggal maupun korban selamat merupakan warga NTB. Karenanya, Pemprov NTB pun mengirimkan personilnya ke Batam.

Juru Bicara Pemprov NTB, H. Yusron Hadi, ST, MUM, Rabu, 2 November 2016 mengutarakan, Pemprov NTB prihatin atas kejadian tenggelamnya speedboat yang mengangkut TKI dari Malaysia ke Batam tersebut. Pemprov mengucapkan belasungkawa mendalam kepada korban meninggal yang ditemukan dan beberapa diantaranya TKI dari NTB.

Iklan

“Terhadap korban yang belum ditemukan sebanyak 29 orang kita mendesak otoritas pelabuhan di Batam beserta jajaran terkait agar terus melakukan pencarian. Dan kita berdoa agar mereka diketemukan dalam keadaan selamat,” kata Yusron.

Adapun penumpang yang selamat diharapkan secepatnya dapat dipulangkan ke daerah masing-masing. Termasuk para TKI yang merupakan warga NTB. Yusron mengatakan, saat ini Pemprov NTB terus berkoordinasi dengan Pemprov Kepulauan Riau dalam hal ini Batam untuk identifikasi korban, penumpang yang selamat maupun pencarian korban yang belum ditemukan.

“Untuk memudahkan proses identifikasi ini, kita juga telah mengirim personil kita ke Batam untuk membantu petugas di sana. Bila seluruhnya baik korban meninggal maupun selamat agar segera dipulangkan dan kita akan menunggu di daerah untuk kita pulangkan ke tempat tinggal masing-masing,” tambahnya.

Yusron mengatakan kejadian ini adalah musibah yang tidak dikehendaki. Kepada keluarga korban meninggal dunia diharapkan tetap tabah.

Yusron menambahkan berdasarkan informasi yang diperoleh, kronologis kejadian pada pukul 06.00 WIB berdasarkan keterangan dari salah satu ABK yang selamat, Pendik Eko Purnomo jumlah penumpang sekitar 93 orang.

Speedboat yang mengangkut TKI dari Malaysia berangkat pukul 03.40 waktu Malaysia. Pukul 06.00 WIB, speedboat yang mengangkut 93 orang tersebut melintas di perairan Tanjung Bemban Batu Besar dan menabrak karang pada saat terkena badai.

Daftar TKI asal NTB yang menjadi penumpang kapal tersebut :

Marep (31) Loteng
Khalik Kurrahman (25) Lotim
Murizal (44) Loteng
M Nazar (27) Loteng
Zainal Arifin (21) Lotim
Ahuan (24) Lotim
Anto (30) KLU
Mashi (25) Lotim
M Saleh (20) Loteng
Jumitri (37) Loteng
M Jaliadi (21) Loteng
Burhanudin (22) Loteng
Rusdi (26) Loteng
Zailani (29) Loteng
Senah (50) Loteng
M Halil (26) Loteng
Agus Supriyatno (32) Lotim
Sadri (28) Loteng
Radiah (32) Lotim
Amaq Yudi Kharisma (46) Lotim
Herman (18) Loteng
Ahmad Zakaria (28) Lobar
Anto (27) Lotim
Nurhalida (16) Lombok
Ahmad Hasan (49) Lotim

Sementara, korban meninggal dan hilang sedang dalam pencarian Timsar Gabungan Lanal Batam, Polres Barelang, dan Kansar Batam. (nas)