TKI KSB Pulang dari Qatar Dalam Keadaan Tak Bernyawa

Taliwang (Suara NTB) – TKI asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meninggal di Qatar. Satina binti Sanaden Kuling, warga desa Bangkat Monteh kecamatan Brang Rea yang selama ini tercatat bekerja di Qatar, Senin, 31 Oktober 2016 pulang dalam keadaan tidak bernyawa.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) KSB, H. Abdul Hamid, M.Pd menjelaskan, kabar kematian Satina diketahui sejak pekan lalu.

Iklan

“Informasi kematiannya kami terima sekitar hari Rabu lalu,” terangnya kepada Suara NTB.

Berdasarkan laporan yang diterima Disosnakertrans KSB, perempuan 31 tahun ini meninggal karena sakit yang dideritanya. Satina sebenarnya sudah berencana pulang ke tanah air setelah masa kerjanya berakhir. Dalam penantian kepulangannya itulah, penyakit yang dideritanya tiba-tiba kambuh dan harus mendapat perawatan medis. Majikan yang mempekerjakannya mengambil langkah medis dengan merujuknya ke rumah sakit setempat. Namun sayang, perempuan satu anak ini tidak mampu bertahan dengan penyakitnya tersebut.

“Katanya hanya dua hari setelah dirujuk ke rumah sakit. Satina akhirnya dinyatakan meninggal dunia. Dan sang majikan pun menyampaikannya ke KBRI Qatar untuk upaya pemulangannya,” papar Abdul Hamid.

Terkait hak-hak Satina, Abdul Hamid mengatakan, sang majikan telah menyerahkan seluruhnya ke KBRI Qatar. Saat ini pihak keluarga pun telah berkomunikasi dengan KBRI Qatar untuk penyerahan seluruh hak Satina berikut barang-barang peninggalannya selama bekerja sebagai TKI. “Katanya masih ada sisa gajinya dan itu sudah diserahkan majikannya ke KBRI. Dan KBRI sendiri tengah berupaya mengirimkannya langsung kepada keluarga almarhuma yang ada di sini,” urainya.

Selain akan mendapatkan hak-haknya dari sang majikan, Satina juga tengah diupayakan untuk mendapatkan asuransi. Abdul Hamid menyebutkan, PJTKI yang memberangkatkan Satina tengah mengurusi berbagai persyaratan agar asuransi Satina dapat segera disalurkan. “Intinya alharhumah diupayakan mendapatkan semua haknya,” katanya. Jenazah Satina oleh pihak keluarga langsung dimakamkan di lokasi pemakaman keluarga setempat. (bug)