TK Yarsi Mataram Kenalkan Budaya Lokal ke Peserta Didik

Kegiatan makan bersama para guru dan peserta didik TK Yarsi Mataram. Kegiatan itu merupakan bagian dari educational and culture (Educture) sebagai upaya mengenalkan budaya lokal kepada peserta didik.  (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – TK Yarsi Mataram mengenalkan budaya lokal kepada peserta didik lewat kegiatan educationl and culture (Educture). Kegiatan itu dilaksanakan setiap hari Rabu di minggu pertama, ke dua, dan ke tiga. Serta pada hari Jumat di minggu ke empat setiap bulannya.

Kepala TK Yarsi Mataram, Rosdiana, S.Pd., mengatakan, kegiatan Educture dilaksanakan berdasarkan tindak lanjut penerapan workshop penyusunan bahan ajar PAUD dalam bahasa ibu Kota Mataram tahun 2019. Pengembangan kurikulum  pembelajaran karakter anak sejak usia dini bermuatan lokal, yaitu  mengenalkan kembali  etnik budaya Lokal budaya Sasak sejak dini di era digital sebagai pembentukan karakter.

Iklan

“Bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri anak sejak dini agar lebih mencintai budaya, bangsa, dan negaranya,” jelas Rosdiana.

Ia mengatakan kegiatan itu dilaksanakan di TK Yarsi Mataram pada semester ke dua tahun pelajaran 2019/2020 ini. Di mana setiap hari Rabu di minggu pertama, ke dua, dan ke tiga tiap bulan anak-anak memakai pakaian adat. Peserta didik juga dikenalkan dengan permainan tradisional. Proses di sekolah juga menggunakan bahasa Sasak. Sedangkan setiap hari Jumat di minggu ke empat guru dan peserta didik memakai pakaian adat. Kemudian dilaksanakan tari massal, senam, dan acara makan bersama atau begibung.

Di samping itu, TK Yarsi Mataram meraih akreditasi A pada penilaian akreditasi tahun 2019. Akreditasi sendiri menilai delapan standar pendidikan yang dilaksanakan oleh TK Yarsi. Dengan keberhasilan itu, TK Yarsi dinilai telah menjalankan pendidikan dengan baik.

Rosdiana, mengatakan, dalam proses penilaian akreditasi dilakukan penilaian terhadap delapan standar pendidikan di TK Yarsi Mataram. Keberhasilan ini, kata Rosdiana, mengartikan pelaksanaan pendidikan di TK Yarsi dinilai bagus. Terlebih lagi TK Yarsi baru dibuka pada tahun 2017, dan memasuki tahun ketiga sudah diakreditasi dan meraih hasil akreditasi A. “Sangat besar pengaruhnya (hasil akreditasi) ke kami, karena baru dua tahun berjalan, tahun ketiga diakreditasi. Kami diminta Dinas Pendidikan untuk ikut akreditasi,” katanya.

Para peserta didik TK Yarsi juga meraih berbagai prestasi dalam lomba tahfiz maupun lomba mewarnai serta berbagai lomba lainnya. (ron)