Titik Nol Kilometer Diresmikan Hari Ini

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi memeriksa  penyelesaian tugu nol kilometer di Jalan Pejanggik, Kota Mataram, Senin, 30 Agustus 2021. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Titik nol kilometer akan diresmikan, Selasa, 31 Agustus 2021 hari ini. Lokasi ini diharapkan akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Mataram.

Spot wisata titik nol kilometer berada di Jalan Pejanggik, Kelurahan Mataram Barat, Kecamatan Mataram. Persisnya berada di depan eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi. Arsitektur bangunan itu dibuat bulat menyerupai jam. Ornamen di dalamnya dihiasi replika cukli yang merupakan ikon kerajinan di Kota Mataram. Sementara, garis emas yang melingkari ornamen itu melambangkan kejayaan masyarakat Suku Sasak.

Iklan

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi, Senin, 30 Agustus 2021 menerangkan, titik nol kilometer akan diresmikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Mataram yang ke 28 pada Selasa, 31 Agustus 2021 hari ini.

Menurutnya, titik nol kilometer belum banyak diketahui oleh masyarakat. Lokasi ini akan coba dilestarikan sejarahnya, sehingga diharapkan menjadi destinasi wisata baru. “Ini bisa jadi tempat swafoto. Apalagi anak – anak motor dari luar daerah pasti mencari tugu nol kilometer,” kata Denny ditemui, Senin, 30 Agustus 2021 saat mengecek tahap penyelesaian bangunan tersebut.

Pembangunan tugu nol kilometer tersebut menghabiskan anggaran Rp150 juta. Rekanan membutuhkan waktu pengerjaan sekitar satu bulan. Denny menjelaskan, nilai filosofis bangunan itu tidak terlepas dari ikon yang dimiliki Kota Mataram serta budaya masyarakat Sasak.

Hiasan dalam lingkaran berwarna putih merupakan replika dari cukli. Cukli merupakan kerajinan khas yang dimiliki Kota Mataram yang telah tersohor. Sementara, warna emas yang melingkar melambangkan kejayaan masyarakat Suku Sasak. “Sebenarnya, kita ingin pasang cukli asli. Tetapi dikhawatirkan terkena panas dan hujan akan rontok. Kita buatkan saja replikanya,’’ terangnya.

Sebagai ikon baru di Kota Mataram, titik nol kilometer diharapkan dapat menggenjot kunjungan wisatawan di Kota Mataram. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional