Titik Krisis Air Bersih Meluas di Kota Bima

Siti Zainab. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima, telah memperbarui data wilayah dan warga terdampak krisis air bersih akibat musim kemarau. Dari total 41 kelurahan pada lima kecamatan, hanya 21 kelurahan yang terdampak. Wilayah sebaran tersebut tidak berubah, namun titiknya meluas.

Kalak BPBD Kota Bima, Ir. Hj. Siti Zainab kepada Suara NTB di kantornya, Selasa, 31 Agustus 2021 menyampaikan, sesuai hasil pendataan terakhir yang dilakukan, saat ini titik sasaran pendistribusian air bersih meluas jadi 100 titik. “Jumlah kelurahan tetap 21, cuma titiknya sekarang meluas,” ujarnya.

Iklan

Dengan meluasnya titik krisis air bersih tersebut, jumlah KK atau jiwa terdampak serta kebutuhan air makin meningkat. KK terdampak, sebut dia, yakni 8.257 atau 25.639 jiwa. Sementara kebutuhan air pada 100 titik itu bervariasi, paling tinggi yakni 6 mobil tangki perhari.

Ditegaskan Zainab, data terbaru ini sudah dikirim ke BPBD NTB sebagai dasar permohonan bantuan penanggulangan dampak kekeringan di daerah. Namun demikian, sampai sekarang masih belum ada jawaban. “Kemarin kita minta bantuan untuk anggaran droping air, cuma belum ada jawaban. Sekarang kita manfaatkan dana yang ada saja,” jelasnya.

Kendati belum mendapat dukungan anggaran dari BPBD NTB. Ia mengatakan, sejauh pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat di 21 kelurahan berlangsung, pihaknya belum menemukan kendala yang cukup berarti. Kondisi ini menyusul instansi terkait turut beperan aktif membantu seperti TNI-Polri, Dinsos, PMI dan Bagian Umum Setda Kota Bima.

Untuk diketahui, dari 10 Kabupaten/Kota di NTB. Kota Bima saat ini berstatus siaga kekeringan. Karenanya, masyarakat diharap melakukan penghematan penggunaan air serta mengendalikan aktifitas perusakan ekosistim lingkungan. “Saat ini kita sudah status siaga. Mudah-mudahan ada bantuan untuk menanggulangi puncak kekeringan Oktober-November mendatang,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional