Tips Perawatan Skuter Matik Honda di Musim Hujan

Tips Perawatan Skuter Matik Honda di Musim Hujan

Mataram (suarantb.com) – Banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk menggunakan motor matic. Karena dianggap lebih simpel dan juga mudah untuk digunakan, terutama kebanyakan para wanita yang tidak terbiasa menggunakan motor dengan ukuran yang terlalu besar.

Namun hal tersebut nyatanya menjadi masalah tersendiri ketika musim hujan tiba. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat motor matic ketika musim hujan tiba. Menurut Tim Safety Riding Astra Motor NTB, I Gede Swana Panca Putra, kenali beberapa bagian yang riskan dan harus mendapat perhatian khusus setelah hujan.

Iklan

“Periksalah bagian rem, baik depan maupun belakang. Karena jika terkena air akan menggelembung dan mengeras pada saat kering pastikan juga agar anda bisa membersihkan bagian yang terkena air hujan,” ujar Swana.

1. Rem depan dan belakang

Pertama tips yang harus anda aplikasikan ketika memutuskan untuk merawat motor matic saat musim hujan tiba yaitu memastikan rem depan dan rem belakang. Anda tentu tahu bahwa penggunaan rem dalam botol plastik hanya ada di bagian tangan saja. Hal ini tentu saja sangat penting karena harus bisa mengetahui pengereman atau menahan laju sepeda motor dan berhubungan dengan keselamatan. Alasan inilah yang menyebabkan anda harus bisa mengecek kanvas rem yang terbuat dari bahan asbes. Karena ketebalan kampas rem sangatlah penting, sehingga anda bisa mengontrol apakah tuas panel tersebut masih layak atau tidak.

2. Knalpot

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk merawat motor matic yang terkena hujan lebat atau banjir yaitu memperhatikan knalpot. Kotoran air hujan biasanya bukan hanya menempel pada bagian bodi namun juga menempel pada bagian leher knalpot.

Alasan inilah yang menyebabkan anda harus sering memeriksa dan juga membersihkan area tersebut. Selain itu anda juga harus memastikan sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan normal. Sehingga motor matic dapat berjalan tanpa adanya mogok ataupun kendala pada motornya.

3. Konektor Kabel

Hal lain yang harus anda ketahui adalah bahwa motor matic harus diperiksa di bagian konektor kabel tahukah anda bahwa body dari motor matic sendiri kadang terbuka. Sehingga anda harus bisa memastikan bahwa kabel yang terhubung tidak terkena air. Karena jika bagian soket terkena air maka akan mengalami masalah dan akhirnya akan menjalar ke bagian mesin.

4. Lampu

Tips keempat, yang bisa dilakukan yaitu memperhatikan sistem penerangan. Tahukah anda bahwa sistem penerangan pada motor terkadang sangat penting, untuk diperhatikan dan sering luput oleh para pengguna motor matic.

Padahal ketika musim hujan sistem penerangan biasanya kemasukan air dan mengalami konslet fungsi dari sistem penerangan. Tentu saja yang melakukan penerangan jalan kepada para pengemudi dan orang lain dengan tujuan ketertiban dan keselamatan bersama. Terutama jika menembus hujan maka dibutuhkan sistem penerangan yang baik. Hindari menggunakan lampu putih dan cobalah untuk menggunakan lampu sesuai dengan standar yang diberikan oleh pabrik motor tersebut.

5. Tekanan Ban

Tips kelima yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk menggunakan motor matic di kala musim hujan tentu saja pemeriksaan. Harus anda ketahui tekanan angin pada matic di bagian roda depan motor, sekitar 28 hingga 30 psi. Untuk roda belakang dan menggunakan tekanan angin sekitar 31 sampai 33 psi. Dengan takaran tersebut maka anda sudah tahu kapan harus memeriksa kondisi tekanan angin yang ada pada motor anda.

6. Busi

Terakhir cara yang dapat dilakukan untuk menjaga motor matic yang anda miliki agar tetap sehat dan bisa menerjang hujan dengan baik yaitu memeriksa busi dan tutupnya. Komponen sepeda motor yang satu ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting atau bahkan disebut sebagai jantung motor.

Anda tentu tidak bisa menggunakannya secara sembarang. Karena produk ini memang digunakan untuk membantu pembakaran motor terutama motor matic. Pemeriksaan tutup busi sangat dibutuhkan ketika sedang kondisi musim hujan. Karena biasanya air masuk kedalam bagian busi tersebut. (bul)