Tips Memilih Sarung Tangan untuk Berkendara

Mataram (suarantb.com) – Kenyamanan dalam berkendara menjadi fokus dalam berkendara apalagi bila jarak yang ditempu cukup jauh. Dengan persiapan fisik yang sehat dan dilengkapi dengan kondisi sepeda motor yang aman tentunya akan membuat pengendaranya semakin merasa nyaman dan enjoy selama perjalanan. Riding gear yang nyaman juga menjadi salah satu kunci dalam kenyamanan berkendara. Salah satunya yaitu sarung tangan. Memakai sarung tangan dapat mencegah lecet pada bagian tangan yang notabennya sangat aktif saat memutar pedal gas. Ataupun gesekan yang lainnya yang menimbulkan ketidaknyamanan karena getaran yang dihasilkan saat melibas jalanan. Beberapa jenis sarung tangan motor dilengkapi dengan karet, sehingga lebih mudah mencengkeram setang di cuaca yang panas, basah, atau lembab

Intruktur Safety Riding Astra Motor NTB, Satria Wiman Jaya mengatakan fungsi sarung tangan yang lebih lazim diketahui oleh pengendara roda lain biasanya untuk menghindari tangan dari belangnya terik sinar matarhari.

Iklan

“Ada beberapa tips dalam memilih sarung tangan saat kalian hendak berkendara. Pertama pastikan ukurannya cocok ditanganmu, bahan dari sarung tangan juga akan mempengaruhi tingkat kenyamanan saat digunakan, dan pastikan sirkulasi udara yang bagus pada sarung tangan yang akan kalian pakai,” jelas Satria.

Biar lebih paham yuk kita bahas satu-persatu itemnya :

1. Ukuran/ Size
Sarung tangan memiliki ukuran seperti baju saat akan membeli baiknya Anda memilih yang sesuai dan pas saat digunakan. Bila terlalu besar otomatis akan mudah longgar dan hal ini tidak nyaman digunakan. Pililah sarung tangan yang pas dan nyaman.

2. Material
Pilih material yang berkualitas yang mudah menyerap udara, karena dengan begitu tangan tidak mudah merasa gerah dan berkeringat. Boleh boleh saja memilih bahan kulit, semi kulit atau kain, asalkan sarung tangan tersebut tetap enak dipakai.

3. Bantalan Tangan
Sarung tangan yang baik memiliki materi yang berbeda antara bagian atas dan bawah. Bagian bawah biasanya ada bantalan yang berfungsi menjaga tangan dari getaran.

4. Jahitan
Percaya tidak percaya jahitan yang rapi bisa lebih maksimal dalam melindungi tangan dari cedera atau lecet akibat gesekan. Sarung tangan dianjurkan agar pola jahitannya yang pas dengan lekukan telapak tangan. Hal ini agar Anda mendapat posisi atau kelenturan terbaik saat meregang maupun menggenggam.

5. Pelindung
Pilihlah sarung tangan yang memiliki daya proteksi yang baik. Hal ini amat penting agar bisa melindungi telapak tangan dengan maksimal saat terjadi kecelakaan.

6. Sirkulasi Udara
Hal ini cenderung jarang diperhatikan para pembeli sarung tangan padahal sirkulasi yang baik sangat penting supaya nyaman selama riding. Telapak tangan tetap kering dan juga tidak mudah keram. Sirkulasi udara yang baik harus bisa memberikan sirkulasi udara ke dalam tubuh baik telapak tangan tanpa harus mengorbankan proteksi.(bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional