Tips #Cari_Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Musim Hujan

0

Mataram (Suara NTB) – Pengguna kendaraan roda dua harus bersiap untuk menghadapi kondisi cuaca yang tak menentu dalam beberapa waktu belakangan ini, khususnya untuk masyarakat di Kota Mataram. Di siang dan malam hari Kota Mataram kerap dilanda hujan deras secara tiba-tiba. Untuk itu pengguna kendaraan roda dua yaitu sepeda motor harus tetap waspada dengan bahaya yang bisa terjadi saat berkendara dalam kondisi hujan.

Astra Motor NTB sebagai pelopor keselamatan berkendara konsisten membagikan tips serta edukasi keselamatan berkendara dalam berbagai kesempatan. Kali ini tips seputar berkendara yang aman saat kondisi hujan akan diberikan oleh tim Safety Riding Astra Motor NTB.

IKLAN

Satria Wiman Jaya, Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB mengatakan, selain mengantisipasi jalanan yang licin, pengendara juga harus tetap waspada saat berkendara dalam kondisi hujan dengan menggunakan jas hujan apalagi dengan model yang kurang safety.

“Lakalantas saat jalan raya basah sering terjadi akibat kurangnya pemahaman dari para pengendara sepeda motor terhadap teknik berkendara yang baik dan benar saat musim hujan. Tak dipungkiri faktor eksternal juga mengambil bagian dalam faktor lakalantas yang terjadi. Sebaiknya berkendara dengan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan raya dan selalu menggunakan riding gear yang lengkap,” jelas Satria.
Berikut tips untuk berkendara yang aman dengan menggunakan sepeda motor saat musim hujan :

1. Gunakan jas hujan mode single

Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan kesulitan mengendarai kendaraan sepeda motor. Walaupun belum ada data statistik yang bisa membuktikanya penggunaan jas hujan single memang terbukti tidak mempengaruhi gaya kita dalam mengendarai sepeda motor.

2. Jangan asal rem saat hujan turun

Ketika kondisi jalan yang basah tentunya akan lebih licin daripada jalan yang kering. Dengan demikian teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan. Jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin. Manfaatkan engine brake, gunakan engine brake untuk membantu pengereman. Jaga jarak dengan kendaraan lainnya, hal ini berguna untuk menghindari pengereman mendadak.

3. Pastikan menyalakan lampu

Peraturan sekarang memang mewajibkan pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari. Nah, begitu juga pada saat hujan turun apalagi hujan lebat. Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, dan juga lebih gelap dari biasanya.

4. Lebih baik berhenti jika keadaan memburuk

Jika hujan yang turun terlalu lebat dan jarak pandang menjadi berkurang sebaiknya pengendara menepi terlebih dahulu. Selain menjaga badan dalam keadaan hangat atau mengistirahatkan badan, hujan yang turun terlalu lebat akan sangat berbahaya. Jarak pandang yang menjadi terbatas, sehingga membuat kewaspadaan kita menurun.(bul)