Tips Cara Mudah Cek Oli Motor Sendiri

Tips Cara Mudah Cek Oli Motor Sendiri

Mataram (suarantb.com) – Pengguna sepeda motor kian hari kian meningkat sejalan dengan tingkat penjualan yang terjadi khususnya untuk merek sepeda motor Honda di wilayah NTB. Tak hanya berfokus pada penjualan saja, Astra Motor NTB juga memiliki banyak gerai showroom bengkel resmi Honda atau yang dikenal dengan sebutan AHASS (Astra Honda Authorized Service Station).

Mengenai layanan purna jual yang ditawarkan Astra Motor, biasanya pihak bengkel atau mekanik akan menganjurkan penggantian oli motor setiap 2.000 km – 3.000 km atau 2 bulan sekali. Penggantian oli secara rutin dilakukan agar mesin kendaraan menjadi terawat dan dapat memberikan performa yang baik bagi kendaraan yang dipakai.

Iklan

Dengan perawatan secara teratur yang diperlukan untuk motor Honda kesayanganmu, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dicek secara mandiri. Astra Motor NTB ingin berbagi tips cara mudah untuk melakukan pengecekan secara mandiri seperti pada oli.

Seperti dijelaskan Tim Safety Riding Astra Motor NTB, I Gede Swana Panca Putra, saat seperti ini di mana aktivitas keseharian menjadi lebih banyak di rumah saja, kalian masih bisa memperhatikan hal-hal sederhana seperi pengecekan pada takaran oli sepeda motor.

“Hal pertama yaitu posisikan motor pada posisi tegak. Artinya motor kalian harus di standar tengah. Kemudian hidupkan motor 3-5 menit, lalu matikan dan diamkan sekitar 2-3 menit. Setelah itu cek volume olinya dengan menggunakan penutup oli. Pastikan ujung indikator oli dilap terlebih dahulu dan dalam keadaan bersih sebelum melakukan pengecekan. Selanjutnya buka tutup oli dan masukkan lagi tanpa disekrup. Dan yang terakhir angkat lalu periksa volume olinya,” jelas Gede.

Nantinya akan terlihat pada batas apakah volume oli motor kalian termasuk dalam batas lebih, atau di dalam batas normal, atau justru kurang. Apabila didapati oli mesin motor kalian kurang dari seharusnya, disarankan untuk tidak melakukan penambahan isi ulang oli secara mandiri.

“Sebaiknya langsung segera dibawa ke AHASS terdekat. Atau bila malas untuk keluar rumah, manfaatkan layana Honda Care yang bisa membantu konsumen untuk melakukan perawatan ringan dari rumah saja. Jad tak perlu repot pergi ke AHASS, cukup pesan layanan Honda Care melalui Hot Line di nomor 08-777-990-8000. Armada Honda Care akan langsung meluncur ke lokasi rumah konsumen,” imbuh Customer Care Sub.Dept Head Astra Motor NTB, Putu L. Januara. (bul)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional