Tingkatkan PAD, KSB Mulai Lengkapi Sarpras Pariwisata

Taliwang (Suara NTB) – Sektor pariwisata diklaim pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dapat menjadi sumber potensial untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sayangnya sektor ini masih minim fasilitas penunjang sehingga pemerintah belum dapat memaksimalkannya.

“Kalau bicara sektor yang punya potensi PAD, saya bilang sektor pariwisata sekarang ini. Tapi kita belum bisa maksimalkan karena sarana dan prasarananya (sarpras)-nya masih minim,” kata Kabid Pendapatan Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) KSB, Nurullah kepada media ini, Jumat, 7 April 2017.

Iklan

Untuk memaksimalkan sumber PAD dari pariwisata menurutnya, pemerintah memang harus menyediakan fasilitas penunjangnya baik itu sarana dan prasarananya. Di mana sementara ini diakuinya, hal itu masih sedang dirintis oleh pemerintah dengan mengerahkan seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). “Kalau sekarang kita kan memang sedang memulai melengkapinya,” timpalnya.

Ia mengatakan, potensi PAD dari sektor pariwisata sangat besar. Hal ini dilihat dari banyaknya jumlah destinasi yang bisa dikembangkan baik itu oleh pemerintah langsung maupun pelibatan pihak ketiga. “Nah kembali kenapa belum tersentuh karena sarana dan prasarana penunjangnya belum kita sediakan,” cetusnya.

Jika sarana dan prasana telah ada, Nurullah yakin, investasi di bidang pariwisata juga akan berkembang di daerah. Investasi-investasi tersebut menjadi kantung-kantung baru sumber PAD baik melalui pajak maupun retribusinya. “Terutama retribusi. Misalnya kalau ada hotel atau restoran di dekat lokasi wisata nah mereka itu akan kita kenakan retribusi,” timpalnya.

Tidak saja itu, kegiatan transporasi untuk mendukung pariwisata juga dapat menjadi kantung PAD lainnya. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here