Tingkatkan Mutu, LPM UIN Mataram Gelar Pelatihan SPMI

Kegiatan pelatihan SPMI yang digelar UIN Mataram di Hotel Jayakarta. Kegiatan ini untuk meningkatkan dan menjaga mutu akademik. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan mutu akademik, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menyelenggarakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Kamis, 19 November 2020. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Jayakarta ini diikuti oleh Pimpinan UIN, Direktur, Wakil Direktur dan Para Kaprodi di LIngkungan Pascasarjana UIN Mataram, tim Gugus Mutu Pascasarjana.

Ketua LPM UIN Mataram, Dr. Winengan M.Si., menyampaikan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal ini merupakan hal sangat penting bagi perguruan tinggi untuk menjaga, mengontrol dan menjamin mutu akademik.

“Kepentingannya sebenarnya bukan hanya untuk kalangan internal tetapi yang utama adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban publik bahwa penyelenggaraan Pendidikan di UIN Mataram  dijalankan secara on the right track,” ujarnya.

Kegiatan rutin setiap tahun ini merupakan rangkaian kegiatan peningkatan mutu  termasuk Audit Mutu Internal (AMI) yang secara berkala dilakukan di Pascasarjana UIN Matraam.

Berdasarkan Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, SPM Dikti ini meliputi SPMI dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau yang lebih dikenal dengan Akreditasi. ‘’Jadi SPM Dikti itu sistem penjaminan mutu internal dan eksternal,’’ terangnya.

SPMI, tambahnya, dipandang sebagai salah satu solusi untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, SPMI dianggap mampu untuk menjawab tantangan pendidikan tinggi.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN Mataram Prof. Suprapto menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan ini. Mutu akademik merupakan hal utama. Tanpa mutu mustahil perguruan tinggi bisa maju dan berkualitas. Oleh sebab itu peningkatan mutu menjadi hal penting.

Sejumlah narasumber dan fasilitator yang diundang dalam kegiatan ini adalah Fachri Husain, Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga dan Ahmad Wicaksono, Ph.D., Ketua PJM Universitas Brawijaya Malang. (dys)