Tingkatkan Kualitas UKM Lokal, Kubinov Unram Gelar Wisuda Mentor Wirausaha

Suasana wisuda mentor wirausaha melalui media zoom meeting pada Senin, 30 Agustus 2021.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) — Inkubator Bisnis dan Inovasi Universitas Mataram (Kubinov Unram) berkolaborasi dengan Ok Oce Andalan dan Kementerian Koperasi dan UKM RI menyelenggarakan program pendampingan sertifikasi mentor wirausaha Nusa Tenggara Barat. Pelaksanaan program dilakukan sejak tanggal 18—24 Agustus 2021 melalui media virtual zoom meeting. Sesi akhir dari program ini adalah wisuda mentor wirausaha melalui media zoom meeting yang telah terlaksana pada Senin, 30 Agustus 2021.

Berbagai rangkaian program mentor wirausaha telah dilakukan, di antaranya workshop wirausaha, mentoring bersama mentor wirausaha, proyek tim, dan ujian akhir mentor. Wisuda mentor wirausaha ini dihadiri oleh 27 calon mentor wirausaha NTB yang lulus dan telah mengikuti berbagai rangkaian program. Selanjutnya beberapa pihak lainnya yang ikut serta hadir di antaranya Ketua Kubinov Unram, Direktur PT. Superkey Andalan Indonesia, Founder Ok Oce Indonesia, Ketua Umum Ok Oce Andalan, dan beberapa alumni sertifikasi mentor wirausaha Ok Oce Andalan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Iklan

Ketua Inkubator Bisnis dan Inovasi Universitas Mataram (Kubinov Unram), Oryza Pneumatica Inderasari, S.Sos., M.Sosio., menyampaikan bahwa wisuda mentor wirausaha ini merupakan langkah awal untuk saling berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas UKM lokal NTB.
“Dengan lahirnya mentor-mentor handal ini tentunya mampu mendukung dan membantu Kubinov Unram dalam melaksanakan berbagai program pendampingan lainnya, sehingga diharapkan kedepannya akan tercipta kesatuan sinergi dalam memajukan UKM lokal di NTB,” kata Oryza.

Direktur PT. Superkey Andalan Indonesia, Reni Fitriani mengungkapkan bahwa menjadi mentor wirausaha harus mampu memberi manfaat bagi sesama, saling mendukung dan sukses bersama dalam membangun UKM yang unggul. Setelah wisuda ini, para mentor akan diberikan kesempatan membina UKM lokal di wilayah manapun untuk diberikan pendampingan.
“Selanjutnya, setelah program ini para mentor dapat mengikuti sertifikasi mentor batch 2 pada bulan September dan berbagai program pendampingan lainnya yang akan berkolaborasi dengan Ok Oce Andalan,” ujar Reni.

Pemaparan terkait peran serta para mentor wirausaha yang terlahir dalam wisuda ini juga disampaikan oleh Founder Ok Oce Andalan, Dr. Indra Cahya Uno yang sangat mengapresiasi lahirnya mentor wirausaha di Nusa Tenggara Barat. Hal ini diharapkan mampu menjadi ruang kebaikan dengan menyebarkan kebermanfaatan kepada para UKM lokal lainnya untuk sukses bersama membangun UKM unggul di Indonesia.
Untuk meningkatkan semangat motivasi bagi para calon mentor yang terlahir dalam wisuda ini, maka beberapa alumni peserta sertifikasi mentor wirausaha yang saat ini telah menjadi mentor sukses dalam pendampingan menyampaikan terkait pengalaman dalam pendampingan UKM, perencanaam program pendampingan UKM dan pola pendampingan UKM yang ditargetkan ke depannya. Pemaparan ini mampu menjadi motivasi dan ilmu bagi para calon mentor untuk dapat melakukan pendampingan yang lebih baik didaerahnya.

Sebagai bentuk apresiasi, maka pada wisuda ini diberikan kesempatan kepada salah satu perwakilan calon mentor wirausaha untuk menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti ajang kelas sertifikasi mentor wirausaha. Hal ini pun disampaikan oleh Peri Anggraeni yang mengungkapkan bahwa menjadi salah satu peserta sertifikasi mentor wirausaha Ok Oce Andalan adalah kesempatan yang sangat berharga dan luar biasa baginya.

“Karena saya banyak belajar wawasan baru, baik di bidang team working, financial, perizinan, marketing, dan tentunya bagaimana menjadi seorang mentor yang disiplin, berdedikasi serta yang terpenting tidak hanya dapat menyukseskan bisnis sendiri namun dapat berdampak secara luas untuk UMKM lainnya,” kata Peri.

Pada kesempatan ini pun Peri menyampaikan rasa syukurnya yang telah dipertemukan dengan para pelaku UMKM NTB yang memiliki visi yang sama untuk terus menjaga spirit dalam mengembangkan UMKM NTB yang lebih gemilang ke depannya.

Dengan terlaksananya wisuda mentor wirausaha NTB ini pun akan mampu menjadi langkah awal terciptanya kolaborasi dalam membangun UKM lokal NTB yang lebih maju. Selanjutnya, lahirnya mentor wirausaha NTB memberikan peluang dan harapan untuk dapat menjadi penggerak utama membangun UKM lokal NTB yang berkelanjutan dan sukses bersama untuk NTB lebih maju. (ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional