Tingkatkan Kualitas Dan Mutu Layanan, BPJS Kesehatan Rutin Lakukan Customer Feedback

H. Nuruddin Ali (56). (Suara NTB/ist)

Selong (suarantb.com) – Customer Feedback merupakan salah satu cara untuk melakukan evaluasi kepada jejaring yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Hal itu dilakukan guna menjaga dan meningkatkan kualitas layanan yang telah diberikan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal ini pun akan berpengaruh juga kepada indeks kepuasan peserta terhadap mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Selasa, 14 Januari 2020, dengan mengenakan rompi kuning bertuliskan “BPJS Satu, Siap Membantu”, Petugas Penanganan Pengaduan (P3) Rumah Sakit, Jab Salim Perdana kembali menjalankan tugasnya. Ia pun mengunjungi sebuah kamar rawat inap di Rumah Sakit Risa Sentra Medika Lombok Timur.

Iklan

H. Nuruddin Ali (56) merupakan salah satu peserta JKN-KIS segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU). Meskipun dengan kondisi tubuhnya yang masih terpasang infus, Nuruddin dengan senang hati menyambut petugas P3 RS yang datang.

“Saya puas dengan layanan di sini. Rasanya pun senang ketika ada tempat bagi pasien untuk menyampaikan keluhan seperti ini, ataupun saat kita membutuhkan informasi tertentu,” ungkap Nuruddin.

Setelah dilakukan wawancara singkat mengenai kepuasan layanan kesehatan yang diterimanya, laki-laki paruh baya ini juga menerima informasi baru terkait alur pelayanan, sistem iur biaya, dan pentingnya keberadaan petugas informasi di rumah sakit. Jab Salim pun menyampaikan dan memastikan kepada Nuruddin bahwa tidak akan dikenakan iur biaya apabila pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Pada kesempatan yang sama, Jab Salim juga mengunjungi beberapa peserta JKN-KIS yang sedang menunggu pemeriksaan di Poli Rumah Sakit Risa. Ia menerima sambutan hangat dan timbal balik yang positif dari beberapa pasien yang ditemuinya.

“Customer feedback ini adalah salah satu tugas dan peran BPJS Kesehatan untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan terhadap peserta JKN-KIS. Hal ini juga sebagai bentuk komitmen fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang optimal,” ujar Jab Salim.

“Dan juga hasil dari customer feedback ini akan menjadi bahan evaluasi yang akan dikoordinasikan dengan pihak rumah sakit. Mereka akan menindaklanjuti keluhan ataupun saran dari para peserta sebagai upaya meningkatkan tingkat kepuasan peserta yang datang ke rumah sakit,” tambahnya. (r/*)