Tingkatkan Kompetensi Siswa, SMKN 1 Sekotong Miliki Simulator Kapal

Serah terima simulator kapal dari supplier diterima langsung Plt Kepala SMKN 1 Sekotong Sulman Haris. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Kompetensi lulusan siswa-siswi SMKN 1 Sekotong terus diupayakan. Kini sekolah dengan fokus kemaritiman itu telah memiliki simulator kapal yang dapat berfungsi menjadi media praktik siswa dari program kompetensi NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan). Serah terima alat simulator kapal untuk jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) oleh supplier diterima langsung oleh Plt Kepala  SMKN 1 Sekotong Sulman Haris, kemarin.

Plt. Kepala SMKN 1 Sekotong, Sulman Haris, mengatakan adanya simulator kapal ini dapat meningkatkan kompetensi. Hal ini sangat diharapkan khusus bagi siswa di bidang perkapalan. Kini adanya simulator kapal dapat memudahkan siswa dalam praktikum, sehingga kompetensi mereka bisa terus ditingkatkan.

Adanya media praktikum yang lengkap bagi siswa sebagai tuntutan dunia kerja. Agenda praktik kerja industri (prakerin) nantinya sebagai kegiatan pendidikan yang wajib diikuti untuk siswa-siswi SMK.

Adapun pelatihan dan pembelajaran dilaksanakan di dunia industri atau dunia kerja dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa-siswi SMK dengan kompetensi siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal bagi siswa sebelum memasuki dunia kerja yang semakin banyak dan ketat dalam persaingannya.

Dijelaskan, siswa-siswi program kompetensi NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) akan melakukan prakerin di Kapal Bandar Nelayan. Dalam pelaksanaannya, prakerin dilakukan dengan prosedur tertentu. Bagi siswa yang bertujuan untuk magang di suatu  tempat kerja.

Setidaknya siswa sebelum prakerin sudah mempunyai kemampuan dasar sesuai dengan bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah untuk mempunyai ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia industri.

Dengan keberadaan simulator kapal dan program prakerin nantinya para siswanya tersebut mampu memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia usaha atau pun di dunia industri agar siswa-siswa tersebut dapat  mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa dan siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal selama mengikuti prakerin.

Adapun bantuan yang diterima berupa Marine autopilot 1 set, Marine Radar with AIS 1 set, Electronoc Compass with GPS 2 set, GPS plotter With Echo Sounder 2 set, Radio Directon Pinder 1 set, Gyro Compass 1 set, CB Transceiver 1 set, VHF Transceiver 1 set, MH/HF Marine radio 1 set, SART (Search And Rescue Radar Transponder) 1 set, EPIRB  1 set, Nevtex Resceiver 1 Set, Weather Statiin 3 set, Marine NauticalSextant.  (dys)