Tingkatkan Kapasitas Pelaku UMKM

H.Zulkieflimansyah (Suara NTB/ist)

GUBENUR NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengungkapkan, ada tiga isu menarik yang telah dikembangkan dan diwujudkan oleh Pemprov NTB saat ini. Mulai dari pengembangan potensi SDM, penyediaan universitas berbasis teknologi hingga penguatan produk-produk lokal melalui pemberdayaan UMKM masyarakat NTB.

“Pertama, NTB memiliki Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Kedua, pengiriman mahasiswa NTB studi ke luar negeri melalui program 1000 Cendekia. Dan terakhir adalah meningkatkan kapasitas pelaku UMKM untuk memproduksi produk-produk lokal yang berkualitas,’’ ungkap Gubernur acara ramah-tamah dengan peserta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Senin, 21 Juni 2021.

Iklan

Dijelaskan bahwa UTS didirikan untuk anak-anak muda di NTB agar mereka lebih mengenal Indonesia secara luas. ‘’UTS di NTB tepatnya di Pulau Sumbawa kami menyebutnya dengan sebutan Indonesia Mini. Kami memperkenalkan Indonesia di era modern, bahwa sudah saatnya masyarakat NTB mempersiapkan diri akan kebutuhan Indonesia,’’ ujarnya.

Sedangkan program 1000 Cendikia, adalah melalui program itu pemerintah mengirim mahasiswa NTB studi keluar negeri, agar mereka memiliki wawasan luas dan memiliki pengalaman besar. Terutama mendorong mereka agar lebih banyak berkontribusi dan mensukseskan event internasional yang akan digelar di NTB.

‘’Apa lagi sekarang NTB lagi giat-giatnya untuk mensukseskan gelaran MotoGP. Dengan demikian masyarakat NTB tidak boleh jadi penonton di tanah sendiri,’’ ujarnya.

Selain itu, NTB saat ini juga sedang giat-giatnya meningkatkan kapasitas pelaku UMKM untuk memproduksi produk-produk lokal yang berkualitas. Sehingga dari produk lokal itulah, Pemprov NTB telah sukses menggaungkannya dan dikenal dengan JPS Gemilang ala NTB dan menuai banyak pujian termasuk pujian yang datang langsung dari Presiden Joko Widodo.

‘’Di era Covid-19 ini, kami berikan bantuan untuk masyarakat NTB. Bantuan JPS Gemilang namanya dan kami gunakan bantuan bersumber dari UMKM-UMKM yang ada di NTB,’’ pungkasnya. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional