Tingkatkan APM, Pastikan Siswa Bersekolah

H. Lalu Fatwir Uzali. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan Kota Mataram menegaskan pihaknya ingin memastikan semua siswa bersekolah saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Terutama untuk meningkatkan angka partisipasi murni (APM) di Kota Mataram.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, M.Pd.,menegaskan pihaknya tidak ingin tidak ada siswa yang tidak sekolah. Selama PPDB lalu, pihaknya juga mengakui tidak  ada masalah krusial. Upaya agar semua siswa bisa bersekolah juga untuk meningkatkan capaian APM.

Iklan

 “Intinya tidak ada siswa yang tidak sekolah. Itu mempengaruhi angka partisipasi murni siswa,” ujar Fatwir.

APM merupakan proporsi anak sekolah pada suatu kelompok tertentu yang bersekolah pada tingkat yang sesuai dengan kelompok umurnya. Berdasarkan data Neraca Pendidikan Daerah (NPD) Kota Mataram tahun 2019, angka partisipasi murni jenjang SD sebesar 98,00 persen, artinya 98 persen siswa di usia SD mengikuti pendidikan jenjang SD. Sementara angka partisipasi murni jenjang SMP sederajat sebesar 83,73 persen.

Fatwir mengatakan, pihaknya akan melakukan pengadaan dari dana APBD Kota Mataram untuk memenuhi sarana di sekolah. Di samping itu, akan dilakukan perbaikan sarana yang ada di sekolah. Pihaknya berupaya memperbaiki infrastrukur di sekolah agar infrastruktur merata di semua sekolah. Kepala sekolah telah melapor apa saja yang menjadi kekurangan di sekolah. “Semua sekolah adalah sekolah favorit, tidak ada yang difavoritkan,” tegas Fatwir.

Fatwir menegaskan, Disdik bertanggung jawab kepada pemenuhan fasilitas, guru, dan sarana sekolah. Rehabilitasi ruang kelas, perbaikan meja dan kursi, dan pemerataan guru juga telah disiapkan pihaknya. “Intinya siswa senang dulu di sekolah, setelah itu barulah berbicara prestasi,” ujarnya. (ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional