Tinggi, Mobilitas Pindah-Datang Penduduk

Mataram (Suara NTB) – Mobilitas penduduk yang pindah maupun datang dari dan ke Kota Mataram cukup tinggi dalam dua tahun terakhir.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram, pada 2015 jumlah penduduk yang pindah ke luar Mataram sebanyak 5.993 orang, sedangkan yang datang atau menjadi warga Mataram sebanyak 5.621 orang. Data sementara pada 2016 ini, jumlah penduduk yang pindah juga masih lebih tinggi yaitu 5.603 orang sedangkan penduduk yang masuk atau datang mencapai 5.203 orang.

Iklan

Dibandingkan 2014, dua tahun terakhir ini terbilang tinggi. Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Drs. H. Ridwan kepada Suara NTB menyebutkan jumlah penduduk yang pindah pada 2014 sebanyak 4.312 orang dan yang datang hanya 2.183 orang.

“Mobilitas penduduk makin tinggi. Kami tidak tahu apa motifnya baik yang pindah maupun datang. Bisa saja warga yang dulu ke luar daerah masuk lagi menjadi warga Kota Mataram,” terangnya.

Ribuan warga yang pindah dari Kota Mataram ini disebutkan Ridwan tujuannya masih wilayah sekitar NTB. Namun terbanyak pindah ke wilayah Lombok Barat (Lobar). “Karena mungkin dekat dan alasannya memang macam-macam. Ada yang karena pekerjaan, pindah rumah, ikut suami atau isteri,” tambahnya.

Kepindahan maupun kedatangan penduduk ini tercatat di Dinas Dukcapil karena melalui mekanisme pindah-datang secara resmi. Setelah resmi keluar dari Mataram, data kependudukan yang bersangkutan akan langsung dihapus dari sistem Dinas Dukcapil. Setiap ada warga yang datang dan menjadi warga Mataram, Dinas Dukcapil juga langsung menerbitkan dokumen kependudukan yang bersangkutan.

Ridwan menyampaikan warga yang datang dan menjadi penduduk Kota Mataram tak dibatasi karena mengacu pada UU, WNI bisa tinggal di mana saja.

“WNA saja boleh asal ada izin tinggal tetap dari Imigrasi,” tambahnya. Sedangkan untuk jumlah warga non permanen di Kota Mataram belum bisa diperkirakan jumlahnya. Pendataan warga non permanen ini direncanakan mulai tahun depan. Saat ini jumlah penduduk Kota Mataram sebanyak 413.609 jiwa berdasarkan data semester pertama 2016 (Januari-Juni). Jumlah ini meningkat 1.609 jiwa dibandingkan semester kedua 2015 (Juli-Desember) yang berjumlah 412 ribu jiwa. (ynt)