Tinggi, Kasus TBC di Loteng

Praya (Suara NTB) – Jumlah warga yang menderita penyakit Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tercatat cukup tinggi, termasuk di NTB. Data tahun 2016 lalu, sebanyak 629 penderita TBC tercatat di Loteng.

Demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, H. Mutawali, kepada Suara NTB usai ditemui peringatan Hari TBC di Lapangan Umum Muhajirin Praya, Jumat, 24 Maret 2017.

Iklan

Mutawalli mengaku, sebaran penyakit TBC hampir merata di semua wilayah. Namun sejauh ini Kecamatan Praya Barat Daya menjadi daerah yang paling banyak ditemukan kasus TBC, yakni lebih dari 50 kasus. Data ini, sesuai data per triwulan pertama tahun ini.

Menurutnya, perilaku hidup yang kurang bersih dan sehat menjadi penyebab utama tingginya kasus TBC di daerah ini. Pasalnya, TBC muncul dikarenakan faktor lingkungan. Di satu sisi penyakit TBC merupakan salah satu penyakit menular, sehingga menyebabkan banyak penderita di Loteng.

Untuk itu, guna mencegah penyebaran penyakit TBC, ujarnya, perilaku hidup masyarakat harus dibenahi. Pola hidup yang lebih bersih dan sehat harus diterapkan di rumah atau masyarakat. ‘’Tanpa perubahan pola tersebut, sulit untuk bisa menekan angka kasus TBC di daerah ini,’’ ujarnya. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here