Tindaklanjuti Temuan BPK, Sejumlah OPD akan Diklarifikasi

Lalu Alwan Basri. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Inspektorat Kota Mataram, Kamis, 4 Juni 2020 akan mengklarifikasi sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) atas temuan hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Kesalahan administrasi dan potensi kerugian negara jadi temuan berulang.

Inspektur Inspektorat Kota Mataram, Lalu Alwan Basri menyampaikan, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) telah dibahas bersama tim auditor pengawas internal pemerintah. Sejumlah temuan maupun rekomendasi masih menjadi catatan BPK. Catatan ini akan ditindaklanjuti dengan memanggil pimpinan OPD. Besok (hari ini, red) kita akan panggil semua satker yang menjadi rekomendasi dari BPK, kata Alwan.

Iklan

Alwan tidak menyebutkan secara detail item apa saja yang menjadi temuan auditor negara tersebut. Termasuk instansi mana saja temuannya berulang. Secara umum diberikan gambaran bahwa temuan auditor seputar kesalahan administrasi, kerugian negara atas kelebihan pembayaran, pelaksanaan program tidak sesuai standar operasional prosedur serta kegiatan yang tidak memiliki Perwal.

Kalau total kerugiannya saya tidak hafal betul. Yang jelas teguran dan rekomendasinya sama seperti tahun sebelumnya, katanya.
Dipanggilnya OPD dalam rangka klarifikasi hasil temuan. Termasuk meminta OPD teknis menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi maupun saran dari BPK. Tindaklanjut terhadap LHP BPK diberikan waktu selama 60 hari.

Sebagai tambahan informasi bahwa Pemkot Mataram telah lima kali berturut turut mendapatkan opini wajar tanpa pengeculian (WTP) dari BPK. Penyerahan LHP atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2019 secara daring di Aula Pendopo Walikota Mataram belum lama ini. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional