Timpora Buru WNA Nakal Langgar Izin Tinggal

0
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Onward Victor ML Toruan bersama Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Kanwil Kemenkumham NTB Tatang Suheryadin dan Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Putu Agus Eka Putra menjadi pembicara dalam Rapat Timpora Wilayah Kota Mataram Tahun 2021.(Suara NTB/Humas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram)

Mataram (Suara NTB) – Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) menelusuri keberadaan warga negara asing (WNA). Pelanggaran keimigrasian WNA berpotensi meningkat di masa pandemi Covid-19. Timpora lebih aktif menjemput bola menindaklanjuti laporan maupun mencari informasi keberadaan WNA.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Onward Victor ML Toruan mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada sebagian WNA yang tidak bisa kembali ke negaranya karena tidak ada penerbangan atau negara terkait masih lockdown. “Hal ini berdampak pada meningkatnya peluang penyalahgunaan izin tinggal orang asing yang masih bertahan di wilayah Indonesia, terutama di Pulau Lombok,” ujarnya dalam rapat Timpora Kota Mataram, kemarin.

IKLAN

Dia meminta sinergitas anggota Timpora yang selama ini sudah terjalin dapat dipertahankan untuk kemudian ditingkatkan. Jejaring komunikasi yang ada dimanfaatkan dengan baik demi pertukaran informasi keberadaan orang asing. Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Kanwil Kemenkumham NTB Tatang Suheryadin menerangkan, Timpora dalam tugasnya juga tidak luput dari kekurangan. Misalnya, keterbatasan jumlah personel menjadi kendala dalam pengawasan orang asing.

“Tetapi, jika anggota Timpora dapat aktif memberikan informasi, maka operasi keimigrasian dapat berjalan dengan efektif. Jika dinilai ada penyalagunaan izin tinggal bisa kita tindak,” kata Tatang. Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Putu Agus Eka Putra menjelaskan, WNA pemegang izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas memang sulit dipantau pergerakannya. “Karena biasanya tidak tinggal menetap,” ucapnya.

Sebaliknya, WNA pemegang izin tinggal tetap dapat dipantau karena memiliki KTP WNA. Pemilik izin tinggal tetap ini melapor ke Disdukcapil setempat. Mekanisme kerja Timpora Wilayah Kota Mataram selain menerima juga dapat meminta informasi tentang izin tinggal yang dimiliki orang asing apabila dicurigai menyalahgunakan izin tinggal. Selanjutnya, informasi awal dapat diteruskan kepada pihak imigrasi. Jika nantinya diduga ada unsur penyalahgunaan izin tinggal keimigrasian, warga negara asing dapat diamankan. (why)