Tim UNSA Garap Pelestarian Mangrove dan Terumbu Karang di Prajak

Tim PHP2D UNSA, di perairan Prajak Batu Bangka.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Tim Program Holistik Pembinaan dan Pengembangan Desa (PHP2D) Univesitas Samawa (UNSA) menggarap program penyokong hayati maritime di Prajak desa Batu Bangka. Dintaranya upaya penanaman pohon mangrove dan transplantasi terumbu kurang di wilayah perairan setempat.

Sebagaimana disampaikan Dosen Pembimbing, Dwi Mardhia M. Sc, Selasa, 21 September 2021, pengembangan pariwisata bahari berkelanjutan tidak akan terlepas dari fungsi konservasinya. Sehingga wisata bahari berbasis konservasi menjadi pilihan paling tepat diterapkan di desa Batu Bangka. Diharapkan dari PHP2D dapat menumbuhkan rasa peduli mahasiswa. Serta mampu berkontribusi kepada masyarakat agar terbangunnya desa binaan yang aktif, peduli lingkungan dan mandiri.

Iklan

Beragam kegiatan PHP2D yang telah dimulai sejak Agustus lalu. Seperti penanaman dan identifikasi jenis mangrove di Tanjung Bantin, pelabelan jenis mangrove, Identifikasi jenis lamun di Dangar Ode, transplantasi terumbu karang di Dangar Ode, Pengibaran bendera merah putih di perairan Prajak pada perayaan HUT RI lalu. Selain itu ada juga kegiatan sosialisasi kawasan konservasi kepada masyarakat dan nelayan di dusun Prajak, pembuatan rumah bibit mangrove yang diberi nama “Bale Bakau”, penyerahan poster identifikasi lamun dan mangrove kepada pemerintah desa. “Setelah 9 kegiatan yang telah dilaksanakan tim, akan ada dua kegiatan lagi yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga keberlanjutan program yaitu pelatihan pembibitan mangrove kepada Pokmaswas Mutiara Hitam dan pokdarwis Bunga Karang. Tim juga akan memberikan edukasi kepada anak-anak sebagai upaya penyadaran dini tentang pentingnya pelestarian sumber daya alam yang ada di Prajak melalui mainan edukatif yang dirancang oleh tim PHP2D,”sebut Ewi, sapaan akrab Dwi Mardhia.

Kepala Desa Batu Bangka, H. Abdul Wahab pun menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas dedikasi tim PHP2D UNSA dalam melaksanakan upaya konservasi di desa Batu Bangka khususnya dusun Prajak. Sinergitas antara perguruan tinggi dan pemerintah desa sangat dibutuhkan untuk menyukseskan pembangunan desa.

Diketahui, PHP2D merupakan hibah kompetitf nasional yang berhasil diperoleh tim dari BEM Fakultas Peternakan dan Perikanan UNSA. Prestasi kedua, setelah tahun 2020 lalu juga memenangkan hibah serupa. Program PHP2D kali ini diberi judul Pengembangan Desa Wisata Bahari Berbasis Konservasi sebagai Upaya Penyokong Hayati Maritim untuk Kedaulatan Pangan Masyarakat Desa Batu Bangka. Diketuai Susilawati dengan anggota Khatimah, Nova Novitas Sari, Ma’adi, Aan Saputra, Muhammad Takbir, Agustiawan, Andi Hayatuddin, Tobi Ardiansyah, dan Andi Agus Miftah. (arn)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional