Tim Pemkot Mataram akan Studi Lapangan Penerangan Jalan Pintar ke Prancis

Mataram (suarantb.com) – Pemkot Mataram mendapat undangan dari Pemerintah Prancis untuk mengikuti studi lapangan terkait penerapan penerangan jalan pintar (smart street lighting) di negara tersebut. Tim dari Pemkot Mataram akan berangkat akhir Agustus ini. “Jadi pada tanggal 29 Agustus sampai 6 September nanti, Pemerintah Prancis melalui konsultan teknisnya akan mengundang Pemkot Mataram untuk melakukan studi lapangan di Paris, Prancis selama enam hari. Kegiatan ini untuk lampu jalan pintar kerjasama Pemerintah Prancis dengan Kota Mataram,” terang Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana.

Undangan tersebut ditujukan kepada Wakil Walikota, Kepala Dinas Pertamanan, Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pertamanan, dan perwakilan Bappeda Kota Mataram. Namun Mohan berencana untuk tidak berangkat ke Paris dan meminta untuk diwakilkan Asisten III Setda Kota Mataram.

Iklan

“Saya minta Asisten III dan masih coba dikomunikasikan dengan pihak Prancis apakah tiketnya sudah disiapkan atas nama saya atau belum. Kalau belum kan bisa diganti,” jelasnya. Semua pembiayaaan studi lapangan ini sepenuhnya ditanggung Prancis, termasuk nanti dalam realisasi penerangan jalan pintar yang merupakan program eco-district.

Wakil Walikota menerangkan program ini semacam manajemen penerangan jalan dengan pendekatan teknologi. Secara teknis dapat berdampak pada efisiensi daya dan dapat mempengaruhi pembiayaan yang harus dikeluarkan Pemkot Mataram. “Lebih mudah juga kita menangani dan me-manage lampu jalan karena semua berbasis teknologi,” jelasnya.

Lampu jalan ini nantinya akan mengatur sendiri tingkat pencahayaannya sesuai dengan aktivitas di jalan tersebut. Jika aktivitas atau mobilitas masyarakat masih tinggi, maka lampunya akan menjadi lebih terang. Setelah aktivitas masyarakat terhenti, lampu akan meredup dengan sendirinya. Penerangan jalan dengan sistem ini akan memiliki basis atau pusat tersendiri dimana dari basis inilah seluruh PJU di Kota Mataram akan dikontrol. Setiap ada lampu yang mati juga bisa langsung dicek dari basis pusatnya ini.

  Blangko E-KTP di Kota Mataram Sudah Tidak Langka

“Sebaran cahaya sudah dipikirkan sedemikian teknis sehingga tidak ada celah yang gelap. Dengan smart street lighting ini juga semua sudah diperhitungkan sedemikian rupa termasuk kawasan pedestrian yang akan semakin terang,” jelasnya.

Undangan tim Pemkot Mataram ke Prancis ini sebagai tolok ukur bahwa program eco-district yang telah direncanakan sejak dua tahun lalu ini cukup serius untuk direalisasikan di Kota Mataram. “Ini dilakukan secara bertahap. Setelah program pertama ini kemudian ke pengolahan sampah dengan insinerator,” pungkasnya. (ynt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here