Tim Opgab Jaring Pasangan Diduga Mesum di Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Tim Operasi gabungan (opgab) menyasar sejumlah hotel dan kos-kosan di wilayah Kecamatan Labuhan Badas, Senin, 6 November 2017 sekitar pukul 10.00 Wita. Tim yang anggotanya meliputi Sat Pol PP, Kepolisian, TNI, PM, BIN, Dinas Sosial dan Disdukcapil tersebut, berhasil mengamankan 17 orang. Terdiri dari pasangan diduga mesum, waitress dan penjual minuman keras (miras) jenis brem.

Ketua Operasi yang juga Wakasat Pol PP Sumbawa, H. Sahabuddin, M.Si menjelaskan, pihaknya turun ke wilayah setempat menindaklanjuti informasi masyarakat dan laporan dari informan. Dalam operasi sebanyak 17 orang yang terjaring. Terdiri dari empat pasangan yang diduga mesum, dua diantaranya diamankan di akamr hotel dan dua lainnya diamankan di kamar kos-kosan.

Iklan

Pihaknya juga mengamankan waitress yang tidak memiliki dokumen kependudukan atau KTP. Sisanya satu orang penjual minuman keras (miras) dengan barang bukti enam botol brem. “Jadi ada 17 orang yang terjaring. Empat pasangan tidak sah, waitres dan satu orang penjual miras jenis brem,” ujarnya.

Dijelaskannya, operasi ini melibatkan instansi terkait seperti Pol PP, Kepolisian, TNI, PM, BIN, Dinas Sosial, dan Disdukcapil. Dimana merupakan operasi lanjutan rutin yang dilaksanakan dalam rangka menjaga ketertiban dan mengantisipasi penyakit masyarakat.

Terhadap yang terjaring, saat ini masih dalam proses pendataan dan pemeriksaan oleh penyidik. Mereka akan diberikan pembinaan sekaligus dibuatkan surat pernyataan. “Kita memberikan upaya pembinaan untuk mencegah terjadinya penyakit masyarakat,” terangnya.

Pihaknya menghimbau para pemilik hotel dan kos-kosan supaya dalam menerima penghuni harus jelas dokumen kependudukannya. Mengingat sekarang disinyalir banyak penduduk liar yang kemungkinan dapat membawa dampak negatif bagi masyarakat. Kepada pendatang diminta untuk melengkapi dokumen kependudukannya. Begitupula penghuni kos atau hotel untuk tidak menguinap satu kamar jika belum memiliki ikatan resmi atau menikah. (ind)