Tim Medis di Lotim Perlu Dilakukan Tes Kesehatan Massal

Asrama Haji Lotim yang akan dijadikan tempat transit tenaga medis usai bertugas sebelum pulang ke rumah. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Tenaga medis merupakan garda terdepan dalam menangani pasien yang terindikasi terinfeksi virus Corona (Covid-19), sehingga keberadaan tenaga medis berisiko untuk terpapar dalam menjalankan tugas mulianya itu. Maka sangat penting supaya dilakukan rapid test (pemeriksaan cepat) Covid-19 secara massal.

 “Penting dan saat ini sudah ada tenaga medis yang meminta isolasi mandiri seperti di Aikmel dan RS Risa Lotim,” terang Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lotim, dr. Kurnia Akmal, Rabu, 8 April 2020.

Iklan

Sebelumnya, mantan Ketua KNPI Lotim ini mengungkapkan jika petugas sebenarnya memiliki prosedur bagaimana untuk menjaga diri terhadap semua penyakit yang kemungkinan terjadi di tempat kerjanya, seperti di puskesmas, klinik maupun di rumah sakit.

Akan tetapi prosedurnya akan semakin bertambah ketika masuk status wabah, terlebih sudah pandemi virus Corona, sehingga inilah yang perlu diwaspadai mengingat risiko bagi tenaga kesehatan untuk tertular dengan kerentanan cukup tinggi. Kondisi ini dikarenakan tenaga medis merupakan garda terdepan yang setiap saat bersentuhan dengan orang sakit dan menangani Covid-19.

Kurnia Akmal yang juga Ketua Persatuaan Dokter Indonesia (PDUI) cabang NTB menyebutkan, tenaga kesehatan saat ini masih mengeluhkan masih kurangnya sarana dan prasarana yang disiapkan untuk keamanan tenaga medis. Berdasarkan hal itu, PDUI maupun IDI berharap pemerintah lebih perhatian dan peduli terhadap tenaga kesehatan mengingat garda terdepan dalam penanganan kasus ini adalah tenaga medis.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lotim, Dr. M. Fathurrahman, M.Kes mengaku akan mengatensi hal ini terutama melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap tenaga medis. Nantinya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim untuk dilakukan pendataan dan pelaksanaannya.

Pemerintah daerah saat ini menyiapkan Asrama Haji Lotim sebagai tempat transit seluruh tenaga medis usai bertugas dan sebelum pulang ke rumahnya masing-masing.(yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here