Tim Kemendagri Segera ke Nambung

Praya (Suara NTB) – Tim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bulan Maret ini direncanakan akan turun langsung ke wilayah Nambung. Untuk melakukan cek fisik, terkait persoalan tapal batas antara Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dan Lombok Barat (Lobar). Hasilnya, nanti akan dijadikan dasar bagi Kemendagri dalam membuat keputusan perihal status wilayah Nambung.

“Informasi terakhir, tim Kemendagri akan turun dalam Bulan Maret ini juga,” aku Kabag. Hukum Setda Loteng, H. Mutawalli, S.H., kepada Suara NTB, Rabu, 15 Maret 2017 kemarin. Kemendagri sendiri menurunkan tim untuk melihat secara langsung titik-titik tapal batas yang dipersoalkan oleh kedua wilayah.

Iklan

Sekaligus tim akan mencocokkan dengan dokumen yang ada. Terutama peta wilayah. Sehingga jelas pokok persoalan yang terjadi. Dengan begitu, Kemendagri nantinya tidak salah dalam menentukan keputusan. Apakah Nambung masuk wilayah Loteng atau Lobar.

Pemkab Loteng berharap, persoalan tapal batas yang melibatkan Pemkab Loteng dengan Lobar tersebut bisa segera tuntas. Jangan sampai terus menjadi persoalan yang tak kunjung selesai. “Kita tidak ingin persoalan tapal batas terus berlarut-larut tanpa ada penyelesaian yang jelas,” timpalnya.

Terkait persoalan tapal batas tersebut, Pemkab Loteng sendiri juga sudah mengirim semua berkas dan dokumen yang dibutuhkan ke pemerintah pusat. Sebagai bahan kajian oleh pemerintah pusat. Yang nantinya berkas tersebut akan dibawa pada saat cek fisik wilayah Nambung oleh tim Kemendagri.

“Prinsipnya, kita serahkan keputusan terkait persoalan tapal batas ini ke pemerintah pusat. Dan, dalam hal ini pemerintah pusat hendaknya mengambil keputusan yang adil,” pungkas Mutawalli. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here