Tim Gugus Tugas Jemput ODP di Bandara

Agus Dony Prihantono. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Tim gugus tugas Covid-19 Lombok Timur melakukan tindakan cepat untuk melokalisir penyebaran wabah Corona. Warga yang baru tiba dari bandara, baik perjalanan  dalam dan luar negeri, langsung dijemput dan diberi stempel Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Penjemputan itu sesuai arahan  Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Bupati Lotim H. Sukiman Azmy, kemudian ditindaklanjuti oleh seluruh tim.

Iklan

‘’Saya sebagai wakil ketua gugus tugas, mulai hari ini sudah menjalankan arahan itu,’’ kata Dandim 1615/Lombok Timur Letkol. Inf. Agus Dony Prihantono kepada Suara NTB ditemui di Korem 162/WB, Rabu, 1 April 2020 kemarin.

Ia mengerahkan personelnya bergabung dengan tim lain dari unsur Polres Lotim, Dinas Kesehatan, BPBD, Dishub, Pol PP  untuk menjemput para penumpang pesawat asal Lotim yang hendak pulang kampung. Timnya mendengar ada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan tiba bersama penumpang domestik lainnya yang juga asal Lotim.

Dijelaskan, setelah diperoleh data, langsung diadakan pemeriksaan awal di Lombok International Airport (LIA). Setelah itu dilanjutkan untuk dilakukan karantina.

‘’Kalau dianggap ODP, akan dilakukan karantina di Rusunawa di Kayangan atau di rumah masing masing dengan pengawasan ketat,’’ ujarnya. Ia mengingatkan  kepada siapapun pihak keluarga agar tidak menjemput di bandara. ‘’Karena Pemda yang akan menjemput dan akan memprosesnya,’’ tegasnya.

Menurut Agus Doni, pihaknya mengerahkan 20 personel gabungan untuk proses penjemputan dan pemeriksaan tersebut. Selain personel juga kendaraan angkut dan perangkat pemeriksaan suhu tubuh.

Ditambahkan Dandim,  pengawasan dan penjemputan akan berlangsung juga di Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Kayangan. Dua pintu masuk melalui jalur laut berlanjut ke darat itu, juga akan  jadi akses masuknya warga lotim dari luar daerah atau warga lain dengan tujuan Lotim. ‘’Jadi sepakat kami sama- sama mengawasi tiga pintu masuk ini, untuk melokalisir supaya Lotim tidak lagi zona merah,’’ tegasnya. (ars)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional