Tiga Tahun Hilang, Motor Mahasiswi Sudah Dipakai Nambang Emas

Mataram (Suara NTB) – Penambang emas rakyat di Sekotong, berinisial SH alias AT (47) ditangkap polisi. Dia diduga terlibat jaringan curanmor dengan barang bukti motor curian milik mahasiswi yang hilang tiga tahun lalu.

Kasatreskrim Polres Mataram, AKP Kiki Firmansyah Effendi menerangkan, pelaku ditangkap Selasa, 12 Desember 2017 saat sedang bertransaksi dengan calon pembeli.

Iklan

“Transaksinya motor Honda Vario tahun 2012 yang dihargai oleh tersangka Rp 2,5 juta,” ujarnya didampingi KBO Reskrim, Iptu Kaharuddin, Rabu, 13 Desember 2017.

Motor itu diduga dicuri di Jalan Gunung Lawu, Dasan Agung, Selaparang, Mataram pada 26 September lalu. korbannya mahasiswi asal Aikmel, Lombok Timur.

Kronologis penangkapan pelaku SH, kata Kiki, yakni saat Tim Resmob 701 Satreskrim Polres Mataram mendapat informasi adanya transaksi kendaraan tanpa dilengkapi surat di Babakan, Cakranegara.

Tim menemukan saksi SB disuruh oleh seseorang berinisial LR untuk menjual Honda Vario DR 6902 LK dimaksud. Dari LR muncul nama lagi yakni IN, tempat LR membeli motor tersebut.

Di rumah LR di BTN Sweta, Cakranegara ditemukan motor Honda Revo dan Honda Supra Fit tanpa dilengkapi dokumen kendaraan. “Diduga sebagai hasil curanmor,” kata Kiki.

Dari IN baru ditemukan benang merah bahwa motor asal mulanya dibeli dari pelaku SH. Pada saat digerebek di Abiantubuh, Cakranegara, pelaku SH sedang mengendarai Honda Vario Techno 125 DR 2356 HH.

“Motor itu lubang kunci kontaknya jebol. Dari penggeledahan, ditemukan kunci T dan sangkur di dalam sepeda motor yang dikendarai tersangka tersebut,” terang Kiki.

Tersangka SH saat diinterogasi menggunakan motor diduga hasil curian itu untuk berangkat ke lokasi penambangan emas rakyat di Sekotong, Lombok Barat.

Tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Mataram. Tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang ancaman hukumannya paling lama tujuh tahun. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here