Tiga PMI Asal Lotim Meninggal di Malaysia

Pihak dari Disnakertrans Lotim bersama LP2MI melakukan penjemputan tiga jenazah PMI asal Lotim di BIZAM setelah meninggal di Malaysia, Jumat lalu.(Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Nasib malang menimpa tiga Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Lombok Timur (Lotim), yaitu Suhdin asal Lenek Lauk, Ahyar asal Pringgabaya Utara dan Anhariadi asal Karang Baru Kecamatan Sakra. Dari tiga orang ini, Suhdin tercatat sebagai PMI resmi, sementara dua orang lainnya berangkat secara non prosedural atau ilegal.

Kepala Bidang Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja (BPPT) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lotim, Moh. Hirsan, mengatakan proses pemulangan jenazah ketiga PMI asal Lotim dilakukan pada 13 November lalu. Penjemputan dari Disnaker bersama pihak terkait dilakukan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid dan diserahkan ke pihak keluarga untuk dikebumikan.

Suhdin meninggal tanggal 2 November 2020 yang sebelumnya berangkat ke Malaysia melalui PT. Defita Bersaudara. Sementara dua orang lainnya berangkat secara non prosedural. “Ketiganya berangkat ke Malaysia karena sakit,” terang Hirsan akhir pekan lalu.

Untuk Suhdin selaku PMI resmi, Disnakertrans Lotim menyatakan jika berkas persyaratannya sudah lengkap, sehingga dalam dilakukan pengurusan biaya asuransinya dari BPJS Ketenagakerjaan berupa uang, Rp85 juta dan beasiswa untuk 2 orang anaknya.

Sementara PMI atas nama Anhariadi, proses penanganan dan pemulangan jenazahnya ditanggung pihak keluarganya. Sedangkan, Ahyar Rosidi penanganannya oleh pihak keluarga dibantu, Ketua LP2MI NTB bekerjasama dengan Disnakertrans Lotim. “Terhadap PMI prosedural, ketika meninggal dunia. Maka pemulangan jenazahnya sudah tersistem dari Disnaker dan  BP2M wilayah Mataram,”terangnya.

Sebaliknya, apabila PMI ilegal kerap kali menimbulkan permasalahan ketika PMI meninggal dunia karena proses pemulangannya secara mandiri. Di mana biayanya ditanggung oleh keluarga dan majikan di Malaysia. Itupun kalau majikannya baik dan bersedia bertanggung jawab.  (yon)