Tiga Pasar di Mataram akan Direvitalisasi

Mataram (Suara NTB) – Dinas Perdagangan akan merevitalisasi tiga pasar tradisional di Kota Mataram. Revitalisasi ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat senilai Rp 3,6 miliar. Pasar yang akan direvitalisasi yakni Pasar Cakranegara, Abian Tubuh dan Pagesangan.

Kadis Perdagangan Kota Mataram, Lalu Alwan Basri, Senin, 16 April 2018 mengatakan, rencananya proyek ini dikerjakan sekitar bulan Mei atau Juni. “Paling tidak sekitar Mei atau Juni lah mulai dikerjakan,” kata Alwan.

Iklan

Pasar tradisional di Mataram perlu peremajaan. Seperti Pasar Cakranegara sudah puluhan tahun tidak diperbaiki. Bagian belakang nampak kumuh. Apalagi ada 26 pedagang yang membangun lapak menggunakan bedek yang tidak jelas bentuk. Termasuk kios – kios tidak representatif.

Demikian pula, di Pasar Abian Tubuh. Di sana sudah banyak pedagang canang dan sayur – sayuran tidak tertampung. “Ada kios di kiri – kanan akan ditata dibuatkan lapak biar rapi,” tambahnya.

Kasus sama juga terjadi di Pasar Pagesangan. Kondisinya pedagang bertambah bahkan sampai di areal parkir. Kondisi ini menurut Alwan, perlu intervensi pemerintah, sehingga masyarakat berinteraksi sosial di pasar merasa nyaman.

Pemerintah Pusat memiliki kebijakan strategis menata pasar, sehingga berimplikasi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Bagi Alwan, PAD adalah nomor dua. Yang terpenting bagi dia, bagaimana merombak pasar menjadi bersih dan nyaman serta mengedepankan pelayanan, sehingga menciptakan pasar bersih dan representatif.

“Kalau soal PAD itu nomor dua. Paling penting itu peningkatan pelayanan masyarakat,” demikian kata Alwan. (cem)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here