Tiga Parpol Sepakat Berkoalisi Usung Makmur – Ahda

Pasangan Makmur-Ahda saat mendaftar di salah satu parpol, beberapa waktu lalu. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kandidat pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Mataram, H. L. Makmur Said – H. Badruttamam Ahda (MUDA) memastikan sudah mengantongi komitmen dukungan dari gabungan tiga partai politik yang akan menjadi kendaraannya untuk tampil pada Pilkada serentak 2020 Kota Mataram.

Gabungan tiga partai politik yang sudah memberikan komitmen dukungan kepada pasangan Makmur-Ahda yakni, Partai Gerindra, PKB dan Hanura. Ketiga partai politik tersebut bersepakat mengikat diri dalam koalisi partai politik pengusung pasangan Makmur-Ahda di Pilkada Kota Mataram 2020.

Iklan

Kesepakatan itu tertuang dalam surat resmi pernyataan bersama tiga partai politik untuk berkoalisi menjadi pengusung pasangan Makmur-Ahda. Masing-masing ketua ketiga partai politik tersebut tingkat Kota Mataram itu membubuhkan tandatangannya.

“Ya sudah tiga partai politik yang berkomitmen berkoalisi untuk mengusung pasangan Makmur-Ahda. Surat penyataan bersama ini akan jadi dasar usulan ke DPP masing-masing untuk diterbitkan rekomendasi dukungan,” ujar Makmur Said kepada Suara NTB, Selasa, 3 Maret 2020 kemarin.

Makmur – Ahda sudah dipanggil oleh DPP Hanura untuk menjalani proses Fit And Propertest bersamaan dengan sejumlah kandidat bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di daerah lainnya di NTB. Mereka didampingi langsung oleh masing-masing ketua DPD dan juga ketua DPW Hanura NTB.

“Kemarin, Hari Senin, 2 Maret 2020 kami dipanggil DPP Hanura untuk mengikuti fit and propertest. Surat pernyataan dukungan bersama itu, sebagai lampiran terhadap beberapa persyaratan yang diserahkan ke DPP Hanura, untuk menguatkan bahwa kami balon MUDA sepakat berkoalisi dengan Partai Gerindra dan PKB,” ujarnya.

Sementara itu pasangan Makmur-Ahda juga sudah menjalani fit and propertest di DPP PKB. Dia juga memastikan bahwa dukungan PKB bakal jatuh ketangannya. Lantaran bahwa untuk Pilkada Kota Mataram, hanya pasangan Makmur-Ahda satu-satunya yang ikut mendaftar di PKB Mataram.

Bahkan di Partai Gerindra, pasangan Makmur-Ahda juga sudah mengantongi surat rekomendasi dan juga surat tugas dari DPD Gerindra NTB. Mereka hanya tinggal menunggu SK rekomendasi dukungan dari DPP Gerindra.

Sementara salah satu syarat untuk rekomendasi dukungan DPP Gerindra bisa keluar dan sesuai isi surat tugas yang diterima. Makmur-Ahda diminta memastikan koalisi. Mengingat Gerindra tak bisa mengusung pasangan calon sendiri, akan tetapi harus berkoalisi dengan partai lain.

“Insyaallah dalam waktu dekat, PAN, PPP dan PKPI akan segera menyusul untuk bergabung dalam koalisi dan menerbitkan rekomendasi dukungan kepada kami,” pungkasnya. (ndi)