Tiga Orang Meninggal, Jemaah Haji NTB Tiba Mulai 2 Oktober

Mataram (suarantb.com) – Kloter pertama jemaah haji NTB Embarkasi Lombok dijadwalkan akan tiba di Lombok International Airport (LIA)  pada  2 Oktober 2016 mendatang. Jumlah  jemaah haji  kloter pertama yang akan dipulangkan tersebut dipastikan sama dengan jumlah jemaah saat pemberangkatan yaitu 360 orang.

Hal tersebut dikatakan  Staf Bidang Komunikasi Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) NTB, Hj. Sri Latifah ketika dikonfirmasi suarantb.com,  Senin, 19 September 2016. “LOP (kloter) pertama  akan dipulangkan Insya Allah pada tanggal 2 Oktober 2016. Insya Allah akan landing di LIA  jam 08.30 wita,” ujarnya.

Iklan

Kepulangan jemaah haji NTB kloter pertama itu akan terus diikuti kloter lainnya. Total jemaah haji yang diberangkatkan asal NTB sebanyak  10 kloter, dan ditambah satu kloter gabungan dari Embarkasi Ujung Pandang, Jakarta, dan Aceh. “Satu kloter digabungkan dengan empat embarkasi, yaitu embarkasi Ujung Pandang, Jakarta dan Aceh.  Jumlahnya ada 53 orang,” sebutnya.

Setelah kloter pertama, kata Latifah,  pada  3 Oktober menyusul kloter kedua. Kloter tiga pada 5 Oktober, Kloter empat 6 Oktober,  kloter lima 8 Oktober, kloter enam 9 Oktober. Selanjutnya, kloter tujuh 11 Oktober, kloter delapan 12 Oktober, kloter Sembilan 14 Oktober, kloter sepuluh dan sebelas pada 15 Oktober.

Berdasarkan data sementara, kata Latifah jumlah jemaah haji  NTB yang meninggal di Arab Saudi  sebanyak tiga orang. Yaitu jemaah haji dari kloter enam asal Kabupaten Bima, meninggal pada tanggal 1 September 2016 di pemondokan. Menyusul jemaah haji kloter  kedua  asal Kota Mataram, meninggal tanggal 12 September 2016 di Mina, dan terakhir jemaah haji kloter sepuluh asal Lombok Timur, meninggal pada tanggal 18 September 2016.

Sementara,  jemaah haji yang sakit-sakitan, jelas  Latifah masih diberikan perawatan di rumah sakit setempat di Arab Saudi. “Sementara ini jemaah kita ada yang dirawat di rumah sakit sana,” ungkapnya. (ism)