Tiga Kabupaten/Kota Penyumbang Tertinggi Kasus Covid-19 di NTB

H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Data Satgas Covid-19 Provinsi NTB, tercatat tiga kabupaten/kota yang menjadi penyumbang tertinggi kasus aktif Corona di NTB. Yaitu, Kabupaten Sumbawa, Kota Mataram dan Kota Bima.

Angka kasus aktif atau penderita Covid-19 yang masih positif di masing-masing daerah tersebut di atas 100 kasus. Data Satgas Covid-19 Provinsi NTB, Sabtu, 9 Januari 2021, jumlah kasus aktif atau pasien yang masih positif Covid-19 di Kabupaten Sumbawa sebanyak 168 orang, kemudian Kota Mataram 141 orang dan Kota Bima 111 orang.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., mengatakan dengan meningkatnya jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir ini, masyarakat diminta untuk tetap menjaga kekompakan dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.

Gita meminta masyarakat saling menjaga dan mengingatkan untuk memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Keselamatan setiap individu dalam masa pendemi ini menjadi tanggung jawab kita masing-masing,” katanya.

Ia berharap masyarakat  tetap waspada serta patuh dan taat terhadap seluruh imbauan pemerintah.  Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, petugas kesehatan tetap melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif.

Petugas kesehatan di kabupaten/kota diminta melakukan identifikasi epicentrum penularan setempat Covid-19 untuk dilakukan tindakan pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Secara total, jumlah kasus aktif atau pasien yang masih positif Covid-19 di NTB, kini telah menembus 806 kasus.

Selain tiga daerah yang menjadi penyumbang kasus aktif tertinggi, juga berasal dari pelaku perjalanan atau warga luar NTB. Satgas mencatat jumlah pelaku perjalanan yang masih positif Covid-19 di NTB sebanyak 127 orang.

Total jumlah pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di NTB sebanyak 231 orang. Di mana, 104 orang sudah dinyatakan sembuh. Sementara sisanya sebanyak 127 orang masih positif dan dalam perawatan.

Pasien yang masih positif juga tersebar di kabupaten/kota lainnya di NTB. Seperti Lombok Barat 44 orang, Lombok Tengah 27 orang, Lombok Utara 2 orang, Lombok Timur 41 orang, Sumbawa Barat 26 orang, Dompu 52 orang, Bima 66 orang dan WNA satu orang. (nas)