Tiga Bundaran Dipercantik

H. Ridwan Syah (Suara NTB/dok)

TIGA bundaran yang menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dipercantik pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Tiga bundaran yang dipercantik ini adalah Bundaran Sunggung, Bundaran Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dan Bundaran Triputri.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB Ir. H. Ridwan Syah, M.Sc., M.M., MTP., Kementerian PUPR menyiapkan anggaran penataan landscape segmen 1, 2 dan 3 plus  penataan 3  bundaran sebesar Rp 89 miliar. Penataan ini, ujarnya, seperti arahan Presiden Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) diharapkan tuntas sebelum pagelaran MotoGP Maret mendatang.

Iklan

Pada segmen 1, ujarnya, akan dibangun 4 jalur jalan dengan panjang 1,85 km. Nantinya, jalan ini akan dibangun selebar 17 meter dilengkapi natural drainase, jalan kendaraan dan median jalan. Sementara, jalur 1,65 km yang masuk pada segmen 2 dan berada di depan sirkuit Mandalika merupakan skala prioritas. Jalan ini harus tuntas sebelum MotoGP Maret mendatang. Nantinya akan dibangun 4 jalur kendaraan, lebar ruas 26 meter, pedestrian (pejalan kaki), jalan kendaraan dan median jalan. Untuk segmen 3, seluas 2 km dibangun dengan 2 jalur kendaraan. Lebar ruas jalan ini 16 meter, pedestrian way dan jalur kendaraan.

Di tempat terpisah Sekda NTB Drs. H. L. Gita Ariadi, M.Si., menjelaskan, jika pembangunan salah satu bundaran, yakni Bundaran Sunggung akan lebih dipercantik lagi. Jika kemarin, ada tulisan di bundaran itu, akan dimundurkan, taman akan dipercantik lagi. Sementara di sebelah barat yang menuju ke arah Tanjung Aan akan ada motor yang menjadi iconik lokasi itu, termasuk mobil balap.

‘’Jadi mulai begitu masuk bundaran sudah akan mendapat kesan ke arah KEK Mandalika dengan median yang menghijau, pintu kanal yang menghijau. Terus ada bukit akan ditata, Sunggung juga akan ditata. Mudah-mudahan penampilan Maret 2022 sudah ada kesan kuat akses sirkuit yang indah,’’ ujarnya singkat.

Sebelumnya Presiden Ir. H. Joko Widodo mengaku puas dengan hasil kerja penataan penghijauan di Kawasan Bundaran Sunggung, Mandalika. Menurut Sekda NTB, kepuasan Presiden ini disampaikan  karena ada perubahan dari kunjungan-kunjungan sebelumnya.

Selain itu, Presiden berpesan agar proses pengerjaan dapat dipercepat dan menerapkan konsep penataan kawasan sesuai dengan perencanaan awal, mengingat perhelatan MotoGP sudah semakin dekat. “Beliau berpesan untuk menyelesaikan penataan kawasan ini maksimal sebelum Maret 2022 sesuai dengan konsep yang telah direncanakan agar penghijauan di area ini menjadi indah, dan tidak gersang,” jelasnya.

Sebagai informasi, Penataan Penghijauan Kawasan Bundaran Sunggung sendiri akan difokuskan untuk penanaman rumput dan pohon di bagian median jalan. Selain itu, beautifikasi juga dilakukan pada bukit di sepanjang jalan Bypass BIL-Mandalika.

Penataan yang dilakukan yaitu mulai dari Bundaran Sunggung Bypass BIL-Mandalika hingga Bundaran Tri Putri di Jalan Nasional Sengkol-Kuta. Hal tersebut bertujuan untuk menonjolkan estetika sepanjang jalan menuju Sirkuit Mandalika. (ham)

Advertisement