Tiga Bulan Terakhir, Pemberangkatan TKI Asal Bima Didominasi Perempuan

Bima (Suara NTB) – Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Bima yang dikirim ke luar negeri seperti ke Negara Asia Pasifik dan Asia Tenggara dalam tiga Bulan terakhir ini rupanya didominasi perempuan.

Kepala melalui Kabid Pengembangan Ketenagakerjaan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima, H. Mustafa, H. AR, tiga bulan terakhir itu antara Januari hingga Maret 2018.

Iklan

“Belum termasuk Bulan April. Tapi sepanjangan tiga Bulan 2018 ini, kurang lebih ada 500 orang yang dikirim dan didominasi perempuan,” katanya kepada Suara NTB, Jumat, 27 April 2018.

Menurutnya, ratusan TKI yang dikirim tersebut umumnya, dengan tujuan Negara-negara Asia Pasifik, seperi Hongkok, Taiwan, Republik Tiongkok (China.red). Hingga ke negara Negara tetangga, seperti Malaysia dan Brunei Darusalam. “Sementara, tujuan Negara Timur Tengah tidak ada karena sampai saat ini masih moratorium,” ujarnya.

Dikatakannya, TKI yang sebagian besar menjadi pembantu rumah tangga tersebut kebanyakan tamatan SMA dan tingkatan dibawahnya. Meski begitu, sebelum dikirim ke negara tujuan mereka akan diberikan pembekalan dan pelatihan selama tiga bulan.

“Salah satunya pembekalan yang diberikan yakni bahasa negara yang akan menjadi tujuan,” ujarnya.

Mustafa berharap masyarakat Kabupaten Bima yang berniat ingin bekerja ke luar negeri untuk tidak melalui jalur illegal. Selain mengurai calo juga menghindari praktek penjualan manusia internasional.

“Dalam mengantisipasi ini kami terus melakukan sosialisasi dan imbauan dan saat ini kami juga telah menyiapkan Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP),” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here