Tiga Bangunan Toko Terbakar di Pusat Kota Sumbawa

Tampak petugas pemadam kebakaran bersama aparat TNI/Polri sedang berusaha memadamkan api. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kebakaran kembali melanda Sumbawa. Kali ini tiga bangunan toko di jalan Kartini pusat kota Sumbawa Besar terbakar. Penyebab kebakaran masih sedang ditelusuri.

Pantauan Suara NTB di lapangan, mobil pemadam kebakaran dibantu water Conan serta mobil tanki Polres Sumbawa dan mobil tanki PMI berusaha memadamkan api. Informasinya kebakaran terjadi sekitar pukul 09.30 Wita, Sabtu, 21 November 2020.

Iklan

Setelah mendapat laporan dari warga, petugas pemadam kebakaran langsung meluncur ke lokasi. Namun karena armada yang terbatas, pihak pemadam mesti dibantu mobil dari Polres Sumbawa termasuk mengerahkan water Conan. Rapatnya bangunan di lokasi kejadian juga membuat petugas pemadam yang dibantu TNI/Polri kesulitan memadamkan api. Akhirnya sekitar satu jam setengah kemudian api berhasil dilumpuhkan.

Kepala Dinas Damkar Sumbawa, Tata Kostara S.Sos menyebutkan enam armadanya diterjunkan dalam kejadian tersebut. Termasuk mendatangkan armadanya dari kecamatan. Itupun pihaknya kesulitan karena ketiadaan mobil suplai. Beruntung segera dibantu Mobil Polres Sumbawa dan Brimob termasuk mengerahkan Water Canon. Petugas pemadam juga dibantu TNI dan Polri.

Tiga bangunan toko yang terbakar yakni Toko 77 dan gudangnya yang menjual suku cadang kendaraan (termasuk di dalamnya oli dan ban). Kemudian Toko Titian Mas yang juga menjual suku cadang dan Toko Bintang yang menjual konveksi. Api menghanguskan sebagian besar isi toko.

“Bahan bahan isi toko termasuk yang mudah terbakar seperti oli dan ban. Makanya api hitam pekat,” terangnya.

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra S.IK yang bersama Dandim 1607 turun ke lokasi menyatakan untuk penyebab kebakaran akan ditelusuri lebih jauh. Yang jelas saat ini upaya pemadaman api dengan melokalisir api agar tidak menyebar ke toko lainnya. Baru nantinya akan mendatangkan lab forensik dari Bali untuk menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran. (arn)