Tidak Disertai Dokumen,12 Kubik Kayu Diamankan TNI

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sekitar 12 kubik kayu jenis sonokeling diamankan aparat TNI, Rabu, 19 Juli 2017 malam lalu. Kayu yang dimuat menggunakan puso tersebut dicegat di wilayah Kecamatan Alas lantaran sopir tidak dapat menunjukkan kelengkapan administrasi serta dokumen. Kini kayu tersebut sudah diamankan di Makodim 1607 Sumbawa.

Pejabat Pasi Ops Kodim 1607 Sumbawa, Letnan Infantri Lalu M. Said kepada wartawan, Rabu, 19 Juli 2017 kemarin membenarkan adanya diamankan kayu tersebut. Kayu tersebut dicegat anggota unit Iteldim Kodim 1607 Sumbawa yang dipimpin langsung Sersan Mayor Hasanuddin bersama anggota Bhabinsa Juran alas di wilayah setempat sekitar pukul 20.00 Wita.

Iklan

Kayu tersebut dimuat menggunakan puso bernopol DR 8715 AA yang dikemudikan SH alias Adi (33) warga asal Kecamatan Praya, Kabupaten Loteng. Rencananya kayu asal Marente tersebut akan dibawa ke Surabaya. Namun karena sopir puso tidak dapat menunjukkan kelengkapan admiistrasi serta dokumen, sehingga diamankan di Koramil Alas dan selanjutnya diamankan ke Kodim 1607 Sumbawa. “Saat ini barang bukti sudah kami amankan di Kodim,” ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya sudah membuat laporan kejadian sebagai bukti bahwa kayu sudah diamankan. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan KPH Batulanteh untuk penanganan lebih lanjut. Dimana wilayah setempat termasuk dalam wilayah KPH Batulanteh. Kepala KPH setempat pun sudah mendatangi Kodim guna mengambil laporan kejadian. Nantinya laporan tersebut akan digunakan sebagai bahan penyelidikan dan penyidikan.

Selain itu pemilik kayu juga sudah datang dan pihaknya sudah menjelaskan kronologis kejadian. Pemilik kayu pun sudah menerima terkait diamankannya kayu tersebut. Dimana nantinya untuk proses selanjutnya tahapannya berurusan dengan pihak KPH.Terhadap kayu tentunya akan dilakukan lacak balak. Dalam hal ini lacak balak ini dilakukan oleh KPH, TNI dan Polri.(ind)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional