THR ASN Mulai Dicairkan

Ilustrasi THR (pxhere)

Mataram (Suara NTB) – Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram, Senin, 27 Mei 2019 mulai mencairkan tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil Negara (ASN). Pencairan tunjangan keagamaan tersebut, setelah Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana telah menandatangani peraturan kepala daerah.

“Pagi ini sudah dicairkan THR semua perangkat daerah,” kata Kepala BKD, Drs. H. M. Syakirin Hukmi. Pembayaran tunjangan sesuai aturan paling cepat 10 hari menjelang lebaran. Pemkot Mataram harus menunggu revisi Peraturan Pemerintah Nomor 35 dan PP Nomor 36 Tahun 2019. Di mana, pencairan harus diatur dalam peraturan kepala daerah. Rancangan Perkada telah disusun dan diserahkan ke Pemprov NTB tanggal 20 Mei, untuk dikonsultasikan. Hasil koreksi itu berikutnya ditandatangani oleh Plt Walikota.

Iklan

“Hari Jumat itu sudah diteken oleh Pak Wakil Walikota selaku Plt Walikota,” terangnya. Untuk besaran tunjangan keagamaan diterima pegawai variatif. Tergantung dari golongan dan jabatan diduduki. Pegawai yang memiliki golongan sama tapi memiliki jabatan akan berbeda THR diterima.

Sementara pembayaran gaji ke 13 tambah Syakirin, menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Penafsiran pembayaran gaji ke 13 berbeda dari masing – masing daerah. Ada yang menafsirkan dibayarkan tanggal 5 Juni dan di bulan Juli. “Kita menunggu petunjuk dari pemerintah pusat saja,” ujarnya.

ASN Kota Mataram, Fizi bersyukur tunjangan hari raya bisa dicairkan hari ini (kemarin,red). Kebutuhan menjelang lebaran relatif tinggi dibandingkan dengan hari biasanya. Belum lagi, ia harus menyiapkan untuk biaya sekolah anaknya. “Kalau saya sih tetap bersyukur,” ucapnya.

Gaji diterimanya tidak besar dibandingkan ASN lain dengan kualifikasi pendidikan tinggi dan menduduki jabatan. Tapi, ia tetap mensyukuri karena tambahan pendapatan dianggap sebagai bonus karena puluhan tahun bekerja. (cem)