TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid Masuk Sembilan Calon Pahlawan Nasional

Mataram (Suara NTB) – Maulana Syeikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid masuk Sembilan calon pahlawan nasional yang diusulkan Kementerian Sosial (Kemensos).

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Sosial NTB, H. Ahsanul Khalik, S. Sos, MH yang dikonfirmasi Suara NTB, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Khalik enggan membeberkan sembilan calon pahlawan nasional tersebut. Namun yang pasti, kakek Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi termasuk dalam sembilan calon pahlawan nasional yang diusulkan Kemensos.

Khalik menjelaskan, penetapan pahlawan nasional dilakukan jika usulan calon pahlawan nasional yang menurut pertimbangan TP2GP dinilai memenuhi kriteria.

Kemudian oleh Menteri Sosial Rl selaku Ketua Umum TP2GP diajukan kepada Presiden Rl melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan guna mendapatkan persetujuan penganugerahan pahlawan nasional sekaligus tanda kehormatan.

‘’Dan saat itu sudah  selesai pembahasan  di Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan,  di mana Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan sudah membawa sembilan nama ke Presiden. Di antara sembilan nama ini kita tunggu saja siapa yang akan ditetapkan oleh Presiden,’’ ucapnya.

Diharapkan pada 2017 ini, NTB punya pahlawan nasional. Sebagai salah satu  bagian dari daerah dengan  tokoh-tokohnya juga bergerak melawan penjajahan. ‘’Sehingga bangsa ini merdeka maka negara ini juga harus menghargai perjuangan tersebut,’’ tandasnya. (nas)