TGB Tandatangani SK Mutasi 300 Guru SMA/SMK

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi alias TGB telah menandatangani Surat Keputusan (SK) mutasi 300 guru SMA/SMK di  NTB. Mutasi ini dimaksudkan untuk pemerataan guru untuk peningkatan kualitas pendidikan jenjang SMA/SMK yang sudah resmi beralih ke provinsi sejak awal 2017 lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurahman, M. Si mengatakan bahwa memang SK mutasi guru itu secara kepegawaian lewat satu pintu yakni BKD. Semua hal yang menyangkut SK Gubernur, maka pengurusannya lewat satu pintu yakni BKD.

Iklan

“Tetapi dalam pengusulannya tentu dari Dinas teknis, dalam hal ini Dikbud. Kami hanya dari sisi administrasi saja. Karena dia menggunakan SK Gubernur yang harus diparaf Kepala BKD dan Sekda. Sehingga petikannya pun dibuat oleh BKD,” kata Fathurahman ketika dikonfirmasi Suara NTB, belum lama ini.

Ia membenarkan bahwa sudah keluar SK Gubernur mengenai mutasi  300 guru SMA/SMK yang berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB. “Sudah ditandatangani. Mengenai penempatan seluruhnya melalui mekanisme di Dikbud. SK pertamanya itu dulu (300 orang),” katanya.

Rencananya ada seribuan guru yang akan dimutasi. Untuk tahap pertama baru sekitar 300 orang. Berdasarkan informais yang diperoleh dari Dinas Dikbud, mutasi guru ini tujuannya untuk pemerataan jumlah guru SMA/SMK.

“Sehingga tidak ada double pengajar yang melebihi. Jadi susah untuk sertifikasinya. Karena untuk sertifikasi  harus dipenuhi 24 jam per minggu. Baru bisa sertifikasi. Kalau dia banyak pada mata pelajaran yang sama, saling  berebut nanti,” jelasnya.

Hal itulah yang diatur olegh Dinas Dikbud dengan menggelar mutasi. Sekolah yang kekurangan guru PNS, maka akan dilakukan pemerataan dengan mendatangkan dari sekolah yang banyak guru negerinya. “Ini kan (mutasi) tahap pertama,” tandasnya. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here