TGB Perintahkan Sengketa Lahan KEK Mandalika Tuntas Bulan April

Mataram (suarantb.com) – Tak ingin sengketa lahan di kawasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terus menjadi polemik tak berkesudahan, Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi memerintahkan segenap pejabat yang turun tangan untuk menuntaskan semua persoalan. Dengan batas waktu bulan April mendatang.

“Pak Gubernur memerintahkan pokoknya April semuanya harus sudah tuntas. Pak Gubernur ndak mau tahu, perintahnya April sudah selesai dibayarkan untuk 109 hektar ini,” ujar Karo Pemerintahan Setda NTB, Irnadi Kusuma, Selasa, 28 Maret 2017.

Iklan

Diakui Irnadi, masih adanya klaim lahan oleh sejumlah warga masih menjadi pekerjaan rumah. Namun ia menekankan tidak ada persoalan krusial yang akan menghambat penyelesaian. “Intinya tidak ada persoalan yang krusial, hanya perlu konsolidasi antar masyarakat saja,” ucapnya.

Pembayaran uang kerahiman untuk lahan seluas 26 hektar untuk 24 warga menjadi bukti yang disebutnya. Ia pun meyakini semua warga yang mengelola lahan tersebut bersedia menerima uang kerahiman. Hanya saja, untuk saat ini komitmen untuk menyelesaikan semua persoalan dari pemerintah provinsi, tim percepatan pembangunan dan pihak PT ITDC yang harus ditekankan.

Bahkan untuk menjaga kondusivitas area tersebut, Karo termuda ini menyampaikan telah dibuat surat pernyataan yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar. Agar mereka turut menjaga demi keberlangsungan pembangunan kawasan wisata eksklusif di Lombok ini.

“Supaya tidak ada lagi tuntut menuntut segala macam. Kalaupun ada persoalan pribadi antara pemilik dan pemilik, selesaikan di internal saja. Tidak melibatkan kami di pemerintah daerah, tim dan juga ITDC,” tandasnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here