TGB Dilantik Jadi Duta ASI NTB

Mataram (suarantb.com) – Pencanangan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di NTB yang diresmikan langsung Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek di Mataram hari ini, Rabu, 29 Maret 2017 menjadi momen spesial bagi Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi. Pasalnya, gubernur yang akrab disapa TGB ini juga dilantik sebagai Duta ASI NTB.

Ditemui usai mengisi acara tersebut, TGB mengaku permintaan sebagai Duta ASI diterimanya lantaran posisinya saat ini sebagai ayah dari seorang bayi. “Saya menerima permintaan sebagai Duta ASI ini sebenarnya untuk menunjukkan bahwa peran suami itu sangat penting dalam pemberian ASI untuk anak. Jadi saya mengajak peran dari para suami untuk mengingatkan istri untuk berikan ASI pada anaknya,” jelasnya.

Iklan

Sebagai Duta, TGB hendak mengajak masyarakat menyadari pentingnya ASI bagi anak-anak. Menurutnya, ini menjadi salah satu kunci membangun generasi hebat masa depan. “Kita punya apa yang disebut generasi emas, terbangunnya salah satu pondasinya adalah pemberian ASI ini,” ujarnya.

Pemberian ASI bukan merupakan bentuk kemurahan hati orang tua. Melainkan kewajiban orang tua untuk memenuhi hak anak. Ia menekankan memberikan ASI merupakan tugas dan kewajiban orang tua. Jika pemahaman ini telah tertanam, bisa dipastikan semakin banyak orang tua yang memberikan ASI untuk anaknya.

“Minimal dengan memberikan anak ASI eksklusif selama enam bulan. Tapi kalau dalam bahasa Al-Quran bahkan disarankan untuk memberikan ASI selama dua tahun penuh,” katanya.

Menkes Nila F Moeloek yang langsung melantik TGB sangat menyambut baik kesediaannya menjadi Duta ASI. “Harapan saya dengan Gubernur NTB menjadi Duta ASI, insya Allah gubernur-gubernur lain akan mengikuti juga,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi yang turut hadir juga menjelaskan pentingnya pemberian nutrisi sejak usia bayi pada anak-anak. Ini sangat membantu mencegah terjadinya gizi buruk pada bayi dan balita.

“Pemberian ASI eksklusif ini bisa menjadi salah satu langkah perbaikan gizi anak-anak di NTB,” tambahnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here