TGB akan Bertarung Bersama Pelari dari 16 Negara di Lombok Marathon

Mataram (suarantb.com) – Ajang Lombok Marathon akan digelar tanggal 4 Desember 2016. Program hasil inisiasi KONI NTB bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB ini berhasil menarik Gubernur NTB, Dr. TGH. M Zainul Majdi turut serta. Gubernur yang akrab disapa TGB ini akan berkompetisi dengan ribuan peserta lainnya yang berasal dari 16 negara.

“Pak Gubernur nanti akan ikut di nomor Half Marathon. Beliau juga sudah sering latihan lari, kadang latihan lari di jalan, kadang juga latihan di GOR,” ujar Sekretaris KONI NTB, H. Suhaimi.

Iklan

Lombok Marathon ini terdiri dari lima nomor lomba, yakni Full Marathon, Half Marathon, Ekiden Marathon (estafet empat orang), 10 kilometer dan 5 kilometer. Jarak yang ditempuh dari nomor-nomor tersebut adalah 42,195 km untuk Full Marathon dan 21 km untuk Half Marathon. Peserta estafet akan menempuh masing-masing 10 kilometer, 10 kilometer, 10 kilometer dan 12,175 kilometer.

Menurut Suhaimi, start untuk peserta Lombok Marathon dibagi menjadi dua lokasi. Untuk Full Marathon dan Half Marathon akan start di Senggigi, sisanya akan start di Eks Bandara Selaparang. Sementara itu finisnya di Pendopo Kantor Gubernur NTB untuk semua nomor lomba.

Kepala Disbudpar NTB, Lalu Muhammad Fauzal menyebutkan kegiatan ini sebagai bentuk nyata usaha untuk menjadikan Lombok sebagai venue sport tourism.

“Karena selain ini, sudah ada event-event olahraga seperti Rinjani Ultra, Trawangan Color Run, Grand Fondo New York, Surfing di Lakey, Golf Tournament di Sire dan Golong dan Kejuaraan Paralayang di Are Galing,” jelasnya.

Jumlah peserta yang ditargetkan dalam Lombok Marathon ini 5.000 peserta. Suhaimi menyebutkan saat ini peserta yang sudah mendaftar berjumlah 3.000 peserta. Yang terdiri dari pelari asal Indonesia dan 16 negara lainnya. Diantaranya Jepang, Jerman, Amerika, Kenya, Thailand, Malaysia, Portugal, Inggris, Singapura, Australia, Brazil, Filipina dan lain sebagainya.

  Andrian Tak Ingin Dibebani Target

Untuk semakin mengenalkan budaya tradisional Lombok pada pelari maraton. Sepanjang perjalanan akan ada suguhan seni budaya yang akan membuat pelari semakin bersemangat. Seperti diantaranya kesenian Gambus yang akan ditampilkan di Islamic Center, memasuki Jalan Pejanggik ke timur akan ada atraksi kesenian Gendang Beleq. Dan di Pendopo Gubernur NTB, yakni lokasi finish perlombaan peserta akan dihibur dengan kesenian Peresean.

Perlu diketahui hadiah yang disediakan untuk Lombok Marathon ini mencapai Rp 500 juta. Dan bagi yang tertarik untuk menyaksikan Gubernur NTB bertarung di ajang maraton ini, siap-siap untuk bangun lebih pagi. Karena start untuk peserta Full dan Half Marathon dilaksanakan pukul 04.30 pagi. Sedangkan yang lain dimulai pukul 07.00 pagi. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here