TGB Ajak Keliling Islamic Centre, Begini Reaksi Dubes Amerika untuk RI

Mataram (suarantb.com) – Duta Besar Amerika untuk Republik Indonesia, Joseph R. Donovan hari ini, Selasa, 16 Mei 2017 sampai di NTB. Bersama dengan sang istri, Mei Chou dan Ibu Konsul Jenderal AS di Surabaya, Heather Variava rombongan ini disambut langsung oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan Ibu Hj. Erica Zainul Majdi di Islamic Center Mataram.

Sampai di Islamic Center, Donovan dan istri disambut dengan pengalungan kain songket khas Lombok. Mengejutkan, karena memasuki kawasan IC, Mei, Heather dan beberapa rombongan perempuan mengenakan penutup kepala layaknya hijab.

Iklan

Tur keliling IC yang khusus dipandu TGB dan Erica dimulai dari bedug raksasa yang ada di lantai dasar IC. TGB  menjelaskan bahan apa yang digunakan untuk membuat bedug dan sebagainya. Erica sesekali menambahkan, untuk melengkapi keterangan sang suami.

“It’s made of whole cow (Ini terbuat dari kulit satu ekor sapi),” jelasnya sambil menunjuk bagian bedug yang ditabuh.

Lanjut ke beberapa foto yang terpajang di dinding-dinding IC. TGB menjelaskan kisah dibalik masjid-masjid yang fotonya terpampang di sana. Donovan pun mendengarkan sambil melontarkan komentar pujian atas keindahan tersebut.

TGB juga tak melewatkan bagian utama dari IC, yaitu Masjid Hubbul Wathan untuk ditunjukkan pada Donovan. Cukup lama waktu yang dihabiskan di sana. TGB bersama Erica menjelaskan makna-makna simbol yang ada di Masjid Hubbul Wathan. Utamanya tentang perpaduan simbol suku Sasak, Samawa dan Mbojo di dalamnya.

“This is Sasak pattern, not Islamic pattern. Looks like this one, the print on this cloth (Ini corak khas Sasak, bukan simbol Islami. Sama dengan yang ada di kain songket ini),” jelasnya sambil menunjuk kain songket yang melingkar di leher Donovan.

Akhir dari tur IC ini, TGB mengajak Donovan naik ke menara tertinggi IC dengan ketinggian 99 meter. Setelah sebelumnya, Dubes AS dan rombongan disuguhi jamuan ringan berupa kelapa muda dan jajanan.

Ditemui usai turun dari menara, Donovan menyatakan kekagumannya atas keindahan IC. “It’s very very beautiful. I think it’s wonderful symbol for peace and for tolerance (Ini sangat indah sekali. Saya pikir ini adalah simbol yang luar biasa untuk perdamaian dan toleransi),” ungkapnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here