Tes Swab Antigen Acak, Polisi Mulai Turun ke Desa

Tim medis melakukan tes swab antigen acak di Desa Pemepek Pringgarata, Rabu, 2 Juni 2021. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Tes swab antigen secara acak guna mengukur tingkat sebaran Covid-19 di daerah ini terus dilakukan jajaran Polres Lombok Tengah (Loteng). Tes swab antigen sekarang ini mulai bergeser dengan menyasar masyarakat di wilayah pedesaan, yangdimulai di Desa Pemepek Kecamatan Pringgarata, Rabu, 2 Juni 2021.

Tes swab digelar di sejumlah fasilitas umum, dengan sasaran pedagang buah serta warga kompleks pertokoan di Desa Pemepek. Berlangsung dari pagi hingga siang hari. Dengan total warga yang di tes swab antigen sebanyak 42 orang. “Hasilnya seluruhnya dinyatakan non reaktif,” ungkap Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK., Kamis, 3 Juni 2021.

Iklan

Ia menjelaskan, pelaksanaan tes swab antigen acak tersebut sebagai tindak lanjut dari rapat evaluasi penanganan Covid-19 sebelumnya. Dalam hal ini skrining Covid-19 dan test antigen di tempat umum harus diperkuat. Sebagai upaya deteksi dini guna menekan angka kematian karena Covid-19 atau Case Fatality Ratio (CFR) yang cukup tinggi di Loteng.

“Penguatan tracing, testing, dan treatment (3T) ini dimaksudkan untuk menekan angka kematian akibat Covid-19 yang tercatat cukup tinggi di daerah ini,” jelas Esty, didampingi Kapolsek Pringgarata Iptu Derpin Hutabarat, SH., M.Hum.

Kendati dilakukan secara acak, sebelum dilakukan pelaksanaan skrining Covid-19 dan testing swab antigen, petugas kesehatan dari Puskemas Pringgarata terlebih dahulu melakukan identifikasi dan pemetaan terhadap warga yang berpotensi terpapar Covid-19. Supaya pelaksanaan tes swab antigen bisa benar-benar tepat sasaran.

Lebih lanjut Esty berharap meski dari tes swab antigen yang dilakukan belum ada yang hasilnya ditemukan reaktif, masyarakat hendak tidak mengabaikan standar protokol kesehatan Covid-19. Justru harus lebih disiplin. Mengingat, angka penyebaran wabah berbahaya itu masih cukup tinggi.(kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional